RSU dr Soetomo Siapkan Psikiater

Rabu, 31 Desember 2014 - 11:42 WIB
RSU dr Soetomo Siapkan Psikiater
RSU dr Soetomo Siapkan Psikiater
A A A
SURABAYA - Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo Surabaya menyiapkan psikiater untuk membantu keluarga penumpang pesawat AirAsia QZ8501.

Para psikiater ini bertugas menenangkan keluarga korban secara mental kejiwaan. “Tugasnya, mereka akan membantu memberikan ketenangan kepada para keluarga korban,” kata Kepala RSU dr Soetomo Surabaya Dodo Andono, kemarin.

Dia menjelaskan, psikiater dikirimkan dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Psikiatri. Sejumlah tim dokter siap bertugas dalam tiga shift , yaitu pukul 08.00-12.00 WIB, pukul 12.00-16.00 WIB, dan pukul 16.00-20.00 WIB. “Masing-masing tim terdiri atas dua dokter PPDS Psikiatri dan satu orang psikiater,” katanya.

Layanan serupa juga diberikan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Timur di Posko Crisis Centre Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya. Salah seorang anggota Himpsi, Ivone W menjelaskan, pelayanan itu diberikan kepada keluarga penumpang yang mengalami guncangan berat akibat hilangnya pesawat tersebut.

“Sejak dibuka pada Minggu (28/12) lalu, sejumlah keluarga korban sudah mulai memanfaatkan layanan ini untuk mengurangi beban pikiran mereka,” katanya di lokasi Crisis Centre Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya. Ia mengatakan, pendampingan yang dilakukan tersebut dalam bentuk jemput bola dengan mendatangi keluarga penumpang di lokasi Crisis Centre tersebut.

“Kami terus memberikan dorongan kepada mereka supaya mereka kuat dalam menghadapi cobaan ini. Kami juga bekerja dalam tim yang terbagi dalam beberapa shift,” katanya.

Sementara itu pihak AirAsia mengajak keluarga penumpang menyisir area yang diduga menjadi titik lokasi hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501. Pihak AirAsia menyediakan pesawat penerbangan komersial jenis Airbus A320 dengan kursi 180 unit dan berangkat dari Terminal 2 Bandara Juanda.

“Fasilitas ini sebagai bentuk memberikan ketenteraman kepada keluarga penumpang,” ujar Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko saat konferensi pers di Crisis Centre di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, kemarin.

Dia mengatakan, pihak maskapai menemani penumpang meninjau langsung titik lokasi yang diduga menjadi lokasi hilangnya kontak pesawat itu.

Abdul Rauf/Lukman Hakim/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0241 seconds (0.1#10.140)