Tingkatkan Kemampuan Relawan Kemanusiaan

Minggu, 28 Desember 2014 - 12:49 WIB
Tingkatkan Kemampuan Relawan Kemanusiaan
Tingkatkan Kemampuan Relawan Kemanusiaan
A A A
MEDAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) X Palang Merah Remaja (PMR) di Bumi Perkemahan Cadika, Jalan Karya Wisata, Medan, sejak Jumat (26/12) hingga Minggu (27/12).

Kegiatan ini merupakan pembekalan untuk meningkatkan kemampuan para relawan kemanusiaan. Ketua PMI Kota Medan, Musa Rajeck Shah mengatakan, Jumbara X PMR ini merupakan ajang untuk mengasah kemampuan para relawan kemanusiaan. “Kegiatan ini juga sekaligus ajang seleksi mengikuti Jumbara Nasional yang akan dilaksanakan pada 2015,” katanya, kemarin.

Berbagai kegiatan diikuti para peserta, seperti traveling kepalangmerahan, ceramah interaktif dengan materi Kesehatan Remaja, HIV/AIDS, dan Bahaya Narkoba, serta pemadam kebakaran. Kegiatan ini didukung Dinas Kesehatan Kota Medan, Bank Sumut, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut. Ketua Pelaksana Jumbara X, Esti Pibrianto menambahkan, kegiatan itu diikuti 31 unit PMR.

Sebanyak 22 tingkat Wira dari Kota Medan ditambah dua dari Deliserdang, enam tingkat Madya, dan satu PMR Pemula dari Labuhanbatu Utara (Labura). Kegiatan yang juga melibatkan pelatih dan pembina ini bertujuan mengevaluasi pembinaan dan pengembangan kemampuan sekaligus penerapan tanggap bencana dari anggota PMR. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat membuka kegiatan itu Jumat (27/12) mengatakan, kegiatan yang menjadi bagian dari kaderisasi relawan PMI tersebut sarat dengan nilai-nilai positif.

“Melalui kegiatan dua tahunan ini, para peserta yang merupakan relawan masa depan Palang Merah Indonesia belajar menghargai lingkungan juga nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaandandilanjutkan penyematan atribut peserta Jumbara X PMR-PMI Kota Medan 2014 kepada perwakilan dari kategori peserta.

Pada kesempatan itu, juga menyampaikan apresiasi kepada 10 penerima Pin Emas (Satyalencana Presiden RI) tahun 2014 bagi individu yang 100 kali donor darah. Mereka adalah Khairuddin (104 kali), warga Dusun I Desa Dagang Kelambir, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang; B Soepomo Prawiro Koesoemo (110 kali), warga Jalan Karya Sei Agul Gangg Sukadamai No 10 Medan; Bachroem Syah Udeen (119 kali), warga Jalan Mansum No 11/08 Medan; dan Hafiz Umry Baki (102 kali), warga Jalan Pradana IX No 154 Binjai.

Penerima Satyalencana untuk tahun 2014 atau diwakili keluarga, yakni (Alm) Sulaiman Nasution (102 kali), warga Dusun XIII, Desa Dahlia, Bandar Khalifah; Rizyansyah Lubis (100 kali), warga Jalan Marelan Raya, Lingkungan IV, Kel T 600; Mahmud Ramadhan Siregar (100 kali), warga Jalan Mansion, Gaperta Ujung, Blok D/2; Piun Herman Daritan (100), warga Jalan Kompleks Cemara Hijau, Blok C-10; Junaedi (146 kali ), warga Jalan Asr TNI-AD Glugur Hong K-46, Medan Perjuangan; dan (Alm) Andreas Tjipto (101 kali), warga Jalan Kapitan Pattimura Lorong Baru No 24.

Syukri amal
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4357 seconds (0.1#10.140)