Bank Pasar Kulonprogo, Siap Kembangkan UMKM

Kamis, 04 Desember 2014 - 11:37 WIB
Bank Pasar Kulonprogo, Siap Kembangkan UMKM
Bank Pasar Kulonprogo, Siap Kembangkan UMKM
A A A
KULONPROGO - PD BPR Bank Pasar Kulonprogo bertekad untuk ikut berperan aktif dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

Mereka siap melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pe laku Usaha kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kulonprogo. “Membina UMKM agar bisa berkembang, menjadi salah satu tugas kami,” kata Dirut PD BPR Bank Pasar Kulonprogo Joko Purnomo, di sela-sela donor darah dalam rangka HUT ke-33 Bank Pasar Kulonprogo, kemarin.

Menurutnya, megaproyek di Kulonprogo seperti pelabuhan, industri, hingga bandara akan menjadi titik sentral pengembangan ekonomi di Kulonprogo. Untuk itulah Bank Pasar harus bisa berperan dalam perkembangan daerah. Salah satu yang akan disiapkan adalah menambah kantor kas di Glagah, Temon dan di kompleks Pemkab Kulonprogo. “Kalau memang ditunjuk kami siap menjadi penyalur program kompensasi warga terdampak,” ujarnya.

Bank Pasar, ujar dia, juga ingin menjadi daya ungkit pembangunan ekonomi. Salah sa tunya dengan memaksimalkan kucuran kredit dan menghimpun dana dari masyarakat. PAD juga ingin lebih maksimal dalam memberikan kontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur PD BPR Bank Pasar Kulonprogo Rita Purwanti EW mengataan tahun ini mereka mampu membukukan laba kotor hingga Rp7,4 miliar dengan setoran PAD mencapai Rp2,8 miliar. Sedangkan pada 2015 mendatang, mereka menargetkan bisa memberikan setoran PAD, Rp3,1 miliar dengan target laba kotor Rp8,4 miliar. “Kami akan maksimalkan kredit dan tabungan PNS,” ujarnya.

Di samping itu juga akan menyasar kelompok masyarakat melalui tabungan peranti. Seperti dalam kelompok pengajian akan diberikan hadiah berupa umrah. Sedangkan pada 2015 juga akan menyasar 100 sekolah untuk menghimpun tabungan. Menyambut HUT ke-33, Bank Pasar menggelar berbagai kegiatan, mulai dari penanaman pohon, mujahadah dan kenduri, senam bersama, hingga sunatan massal dan pemberian beasiswa pendidikan.

Kemarin siang juga dilaksanakan donor darah massal dan mampu menghimpun 109 kantong darah. “Target kami hanya 100 peserta, tetapi malah bisa melebihi,” ujarnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7961 seconds (0.1#10.140)