Cuaca Buruk, Aktivitas Pelabuhan Merak dan Bakauheni Terganggu

Rabu, 03 Desember 2014 - 19:30 WIB
Cuaca Buruk, Aktivitas Pelabuhan Merak dan Bakauheni Terganggu
Cuaca Buruk, Aktivitas Pelabuhan Merak dan Bakauheni Terganggu
A A A
CILEGON - Akhir-akhir ini, cuaca buruk yang terjadi di perairan Selat Sunda, membuat aktivitas di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung, mengalami gangguan. Gangguan terutama dirasakan Kapal Motor Penumpang (KMP) yang melakukan perjalanan.

"Cuaca buruk membuat kapal yang akan berlayar mengalami keterlambatan tidak sesuai jadwal, bahkan kesulitan untuk berlayar. Kami juga sudah mengimbau kepada seluruh nahkoda untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo, Rabu (3/12/2014).

Ditambahkan dia, ketinggian gelombang saat ini mencapai 1,5 meter. Bagi kapal yang memiliki kapasitas kurang dari 2.000 gross tonnage (GT), dikhawatirkan tidak bisa menahan arus dan gelombang yang sangat kuat.

“Kapal besar masih bisa menahan arus. Tapi biasanya jika terjadi cuaca yang cukup ekstrem, kapal kecil tidak mau beroperasi," ungkapnya.

Meski begitu, hingga kini pihaknya belum menutup bahkan melakukan pembatalan keberangkatan kapal, dan masih mengoptimalkan kapal yang saat ini ada, sehingga tidak ada penumpukan penumpang maupun kendaraan yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera.

"Ini sulit diprediksi, karena memang kondisi alam. Namun hingga kini kami masih mengoperasikan 26 kapal. Kami juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti BMKG, serta menyiapkan kapal bantuan apabila ada kapal yang terjebak cuaca," tuturnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0726 seconds (0.1#10.140)