10.000 Bikers Beraksi Di Bali

Rabu, 03 Desember 2014 - 10:17 WIB
10.000 Bikers Beraksi...
10.000 Bikers Beraksi Di Bali
A A A
Sekitar 10.000 bikers Honda berkumpul di Pantai Pandawa Bali dalam aksi bersama peduli kebudayaan dan lingkungan Sabtu (29/11)–Minggu (30/11). Kegiatan itu dilakukan dalam gathering tahunan terakbar bertema “Satu Hati Harmoni Indonesia” yang melibatkan klub dan komunitas pencinta sepeda motor Honda di Indonesia.

Seperti diketahui gelaran tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya. Kegiatan ini ditujukan untuk menyatukan para bikers sepeda motor Honda yang datang dari seluruh penjuru nusantara dalam satu hati kebersamaan dan satu harmoni berbagi kepedulian bagi Indonesia.

Kegiatan rutin tahunan ini pertama kali digelar di Pangandaran pada 2009, kemudian di Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang (2010), Bromo- Pasuruan (2011), komplek Candi Prambanan Yogyakarta (2012), Tanjum Tum Banten 2013, dan tahun ini di Pantai Pandawa Bali.

Menurut General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division Astra Honda Motor (AHM) Istiyani Susriyati, HBD telah menjadi acara tahunan yang sangat dinanti anggota klub dan komunitas pecinta Honda di Indonesia. Hal ini mendorong AHM dan jaringannya untuk terus memberikan wadah kegiatan komunitas yang terbaik untuk bersatunya pencinta sepeda motor Honda dengan beragam aktivitas positif.

“Satu Hati Harmoni Indonesia yang menjadi tema HBD tahun ini terinspirasi dari besarnya semangat kebersamaan dan kesedian ribuan bikersuntuk hadir di setiap tahun pelaksanaan HBD. Acara ini menjadi bentuk apresiasi AHM atas kesetiaan terhadap produk sepeda motor Honda dan kekompakan mereka dalam menggerakkan sesama pencinta sepeda motor Honda dalam satu wadah yang juga aktif melakukan beragam kegiatan yang positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Dalam memberikan kemudahan dan informasi bagi klub dan komunitas pencinta sepeda motor Honda di seluruh Indonesia, AHM menyiapkan beberapa sarana seperti, pendaftaran online melalui websitehbd.community.net yang telah ada sejak 15 Oktober 2014. Melalui sarana tersebut tercatat ribuan bikersyang tergabung dalam beberapa paguyuban atau asosiasi sepeda motor Honda akan menghadiri pagelaran HBD 2014, antara lain 319 bikersdari region Sumatera, 7.148 bikersdari region Jawa, 887 bikers dari region Bali dan Nusa Tenggara, 129 bikersdari region Sulawesi, 17 bikers dari region Maluku dan Papua.

Selain itu AHM juga menyediakan posko HBD di sejumlah lokasi yang berfungsi sebagai sarana istirahat bikers yang kelelahan setelah melakukan perjalanan jauh. Posko tersebut didirikan di Lampung, Surabaya, Probolinggo, dan Ketapang. Semangat pelestarian budaya dalam acara tahunan itu diwujudkan dalam pagelaran raya Tari Kecak yang dipentaskan bersama oleh penari asli Bali bersama ribuan bikers sepeda motor Honda.

Pagelaran raya tari kecak ini juga dicatat oleh Museum Rekor Indonesia sebagai Tari Kecak kontemporer bikers dengan jumlah penari terbanyak. Selain tari kecak sejumlah kesenian tradisi di tempat itu juga turut diperkenalkan dalam acara itu seperti gamelan beleganjur dan tari pendet yang merupakan tarian selamat datang ala Bali Aktivitas bikers di Pantai Pandawa juga semakin bermakna dengan aksi kepedulian lingkungan dengan pelestarian terumbu karang.

Peremajaan sumber makanan ikan ini diharapkan bisa dilanjutkan bikerslain di daerah masing-masing. HBD 2014 makin semarak karena AHM bersama Astra Motor Denpasar membangun ikon Pantai Pandawa bersama masyarakat setempat. Ikon ini membuat Pantai Pandawa yang dikenal sebagai secret beach atau pantai rahasia bagi para wisatawan asing ini lebih indah.

Area pantai Pandawa juga dijadikan sebagai arena para bikersuntuk mengadakan festival layang-layang. Pembuatan layang-layang adalah aktivitas yang menjadi salah satu kekhasan masyarakat sekitar Pantai Pandawa. Membeli layang-layang dari masyarakat di sekitar Pantai Pandawa diharapkan semakin memotivasi masyarakat lokal mengembangkan tradisi pembuatan layang-layang yang semakin unik dan kreatif.

Selain melakukan beragam aksi kepedulian, HBD 2014 juga diramaikan dengan beragam booth dan aktivitas pendukung. Melalui booth“Harmoni Unjuk Diri”, para bikers yang hadir bisa berfoto bersama di photo booth yang disediakan. Kemudian, melalui booth“Harmoni Performa” disediakan fasilitas servis gratis bagi sepeda motor Honda para bikers.

Pencinta sepeda motor Honda tersebut juga bisa menikmati fasilitas kursi pijat, pengepangan rambut, dan pembuatan tato sementara di booth“Harmoni Santai” dan bisa berjualan aksesori sepeda motor atau suvenir khas komunitas masing-masing di booth“Pasar Harmoni”.

Untuk menambah keakraban, para bikers bisa berpartisipasi dalam beragam aktivitas permainan yaitu tarik tambang, bola voli, panco, balap bakiak, dan balap egrang. Kemudian untuk hiburan, acara akan semakin dimarakkan dengan penampilan band nasional asal Bali Superman is Dead (SID), Tron Percussion, Female DJ, dan Sexy Dancers.

Heru Muthahari
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)