Jangan Ganggu Penelitian Gunung Padang

Rabu, 03 Desember 2014 - 01:28 WIB
Jangan Ganggu Penelitian Gunung Padang
Jangan Ganggu Penelitian Gunung Padang
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar meminta pihak yang selama ini kontra dengan penelitian di Gunung Padang tidak mengganggu proses penelitian. Mereka diharapkan tidak lagi meminta penelitian dihentikan.

"Kalau ada yang bilang hentikan penelitian, itu saya kira anarkis, tidak demokratis," tegas Deddy, saat ditemui di Pusdai, Kota Bandung, Selasa (2/12/2014).

Penelitian, menurutnya harus terus dilanjutkan, demi mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti situs megalitikum tersebut. Sehingga, tidak ada lagi spekulasi dan kontroversi.

"(Meminta penelitian dihentikan) Saya kira itu janganlah. Itu pengkhianatan terhadap ilmu pengetahuan. Kalau ada yang salah (dalam proses penelitian), tunjukkan apa yang salah," tegasnya.

Jika merasa tidak sreg dengan penelitian yang ada, sambungnya, pihak yang kontra diharapkan masuk ke dalam tim penelitian dan bergabung bersama peneliti lainnya. "Bergabunglah dengan tim untuk meneliti dengan metode yang benar," tutur Deddy.

Sementara itu, meski penelitian belum tuntas, dia berharap nantinya berbagai misteri akan terungkap. Sebab selama ini banyak isu yang berkembang seputar Gunung Padang, salah satunya adanya harta karun di dalamnya.

"Orang ribut berantem memperebutkan harta karun. Kalau penelitian dihentikan akan (menimbulkan kontroversi) seperti itu terus," cetusnya.

Deddy mengatakan, hari ini para peneliti sedang berkumpul di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI). Mereka membahas seputar Gunung Padang. "Saya dapat undangan, tapi enggak bisa ikut," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8049 seconds (0.1#10.140)