Ajang Tepat Mencari Pemain Futsal Profesional

Selasa, 02 Desember 2014 - 12:58 WIB
Ajang Tepat Mencari Pemain Futsal Profesional
Ajang Tepat Mencari Pemain Futsal Profesional
A A A
MEDAN - Sebanyak 26 tim futsal meramaikan turnamen Sumut Bangkit Futsal Championship 2014 yang berlangsung di Lapangan Futsal Vinovo, Jalan Cemara, Medan.

Turnamen ini dimulai sejak Senin (1/12) hingga Minggu (7/12). Turnamen yang dijadikan sebagai ajang seleksi tim futsal menatap Pra PON 2015 ini memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho.

Ketua Umum Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) Hary Tanoesoedibjo (HT), yang hadir pada acara pembukaan kemarin mengapresiasi digelarnya turnamen itu. Menurut HT, langkah yang dilakukan Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumut ini sangat tepat. Melalui turnamen ini akan muncul atlet-atlet yang dipercaya mewakili Sumut di PON XIX di Jawa Barat 2016 mendatang.

“Saya sambut positif kompetisi ini. Turnamen seperti ini memang salah satu program kami mencari bibit-bibit atlet futsal yang bisa kita banggakan bersama membawa nama daerah maupun negara di internasional. Turnamen seperti ini akan menumbuhkan fighting spirit, membangkitkan semangat juang,” kata CEO MNC Group itu.

HT menilai, Indonesia memiliki peluang besar mengembangkan industri futsal, mengingat banyaknya bibit unggul atau usia muda yang sangat potensial. “Jelas, ini bisa menjadi industri. Para pemain bisa memperoleh penghasilan yang cukup dari futsal ini asalkan benar- benar harus serius dan disiplin,” katanya.

HT menambahkan, AFD Sumut merupakan daerah pertama yang menggelar turnamen semacam ini sekaligus seleksi Pra PON 2015. Turnamen semacam ini diharapkan rutin digelar sebagai ajang mencari bakat pemain futsal di Tanah Air.

“Kita semua tentu ingin olahraga futsal yang bisa kita banggakan di internasional. Saya harapkan apa yang dilakukan AFD Sumut ini diikuti provinsi lain. Kompetisi harus sering digelar agar terlihat pemain yang menonjol untuk dipersiapkan menjadi pemain profesional,” ujarnya.

Sementara Gubsu dalam sambutannya mengatakan, turnamen ini adalah wadah yang tepat bagi para pencinta futsal untuk unjuk bakat yang dimiliki. Turnamen ini sebagai langkah awal bagi para peserta membawa Sumut lolos ke PON 2016.

Gubsu sepakat Liga Futsal Indonesia yang bergulir memberikan ruang bagi para atlet futsal untuk menjadikan olahraga ini sebagai pekerjaan. “Seperti yang dikatakan Ketua Umum AFI tadi, kita harus meningkatkan prestasi olahraga, kita harus tampil fighting spirit, karena olahraga mengajarkan kompetisi,” tuturnya.

Ketua AFD Sumut Aspan Sofian menuturkan, tujuan digelarnya turnamen ini adalah untuk penjaringan atlet futsal menatap Pra PON 2015. Para peserta berasal dari kabupaten/kota se-Sumut dan klub futsal di Medan. Turnamen dibagi ke dalam enam grup dengan masingmasing tim akan bertemu.

haris dasril
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6475 seconds (0.1#10.140)