Di Sergai, Elpiji 3 Kg Tembus Rp25.000

Selasa, 02 Desember 2014 - 12:52 WIB
Di Sergai, Elpiji 3...
Di Sergai, Elpiji 3 Kg Tembus Rp25.000
A A A
SERDANGBEDAGAI - Harga eceran gas elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg) di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) meroket hingga Rp25.000 per tabungnya. Kondisi itu jelas meresahkan warga.

Warga pun berusaha mencari pangkalan yang masih menjual dengan harga normal, Rp16.000. Seperti yang terjadi di pangkalan gas milik Syafaruddin, Dusun IV Pangkalan Budiman, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah. Begitu gas elpiji selesai dipindahkan dari truk pengangkut masuk ke dalam gudang pangkalan,warga langsung menyerbu untuk membelinya.

“Beli di sini murah, masih dapat Rp16.000. Sementara kalau di kedai-kedai sudah Rp25.000,” ucap Ayu, 32, warga setempat yang ditemui KORAN SINDO MEDAN, di Pangkalan Syafaruddin, Senin (1/12). Tak hanya harga yang mahal, ibu rumah tangga dari Kampung Lada, Sei Rampah itu juga menyebutkan, gas elpiji 3 kg sangat sulit didapat.

Hal senada diakui Udin, 50, pedagang bakso yang tinggal di Dusun VI, Desa Sei Rampah. Dia mengatakan, untuk mendapatkan elpiji 3 kg, terpaksa harus berkeliling dulu mencarinya. “Harganya mahal pun tak menjadi soal, tapi ini barangnya tak ada, itu yang membuat repot,” katanya.

Sementara itu, Syarifuddin mengaku pasokan elpiji 3 kg masih berjalan normal yakni 300 tabung per hari yang di antarkan agen ke pangkalannya. Melihat banyaknya warga yang ingin mendapatkan elpiji 3 kg, Syarifuddin terpaksa mengurangi jatah untuk pengecer. Sementara Kabag Perekonomian, Fitriadi, mengakui, sekarang ini banyak laporan soal kelangkaan elpiji 3 kg. “Kami sudah minta Pertamina memperhatikan persoalan ini,” katanya.

Untuk di Sergai, ungkapnya, ada 11.480 tabung elpiji 3 kg per hari yang disebar melalui sembilan agen. Sebanyak lima agen berlokasi di Kecamatan Perbaungan; tiga agen di Sei Rampah; dan satu agen di Sei Bamban.

Pemko Pantau Penyaluran Gas Elpiji

Sekretaris Daerah Kota Binjai meminta agar aparat terkait terus memantau pendistribusian gas elpiji 3 kg agar benar- benar sampai kepada masyarakat. "Pantau penyaluran gas elpiji 3 kg," kata Sekretaris Daerah Kota Binjai, Elyuzar Siregar, di Binjai, kemarin.

Harapan itu disampaikannya di hadapan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Binjai guna membahas dan memantau pemerataan tabung gas elpiji 3 kg di Kota Binjai. "Penyaluran gas elpiji bersubsidi kepada masyarakat yang tepat, sehingga tidak ada masyarakat yang merasa kesulitan memperoleh gas elpiji 3 kg," katanya.

Erdian Wirajaya/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7453 seconds (0.1#10.140)