Empat Tim Mundur

Minggu, 30 November 2014 - 11:03 WIB
Empat Tim Mundur
Empat Tim Mundur
A A A
MEDAN - Empat tim calon peserta Marahalim Cup 2015, yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, Selanggor FC (Malaysia), dan Yangon FC (Myanmar) mundur.

Sebagai gantinya, Pelita Bandung Raya, Perth Glory Austarlia, Home United Singapura, dan timnas Myanmar U-20. Bahkan, Persipura Jayapura tertarik ambil bagian.

Ketua Panitia Marahalim Cup 2015 Tursilo mengatakan, mundurnya Persija karena belum terbentuknya tim menatap Kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Saat ini, Macan Kemayorantengah melakukan evaluasi dan konsolidasi hasil pencapaian Indonesia Super League (ISL) 2014.

Sementara Persib, lanjut Tursilo, waktu turnamen berbenturan dengan agenda sang jawara ISL 2014 itu. Ferdinand Sinaga dkk akan menjalani training center(TC) atas undangan Presiden Inter Milan Erick Thohir.

“Sebenarnya, Persib sangat antusias mau ikut, tapi waktunya berbenturan dengan agenda mereka yang diundang salah satu komisaris Persib Erick Thohir menjalani TC di Italia. Bahkan, mereka minta pengunduran jadwal turnamen, tapi itu tidak mungkin lagi dilakukan. Karena rekomendasi dari PSSI sudah ditetapkan,” ujarnya.

Peserta luar negeri Selangor FC Malaysia membatalkan niat mereka. Ini dilakukan karena jadwal Kompetisi Liga Super Malaysia sudah mulai bergulir Januari, sama dengan Turnamen Marahalim Cup dimulai. Namun, berbeda dengan Yangon FC Myanmar. Tim ini membatalkan diri, tapi sebagai penggantinya timnas U-20 Myanmar.

“Yangon FC berbeda dengan Selangor FC. Yangon mengundurkan diri karena permintaan Federasi Sepak Bola Myanmar yang meminta digantikan dengan timnas U-20 Myanmar sebagai persiapan mewakili Asia untuk ke Piala Dunia U-20 pada 2015 di Selandia Baru,” tandasnya.

Timnas Myanmar U-20 mendapatkan jatah tiket ke Piala Dunia U-20 pada 2015 seusai menaklukkan Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dengan skor 1-0 pada babak perempat final Piala Asia U- 19 2014 di Stadion Thuwunna, Yangon, Oktober lalu.

Berdasarkan regulasi yang ada, tim yang lolos ke semifinal Piala Asia U-19 dipastikan mewakili Asia untuk ke Piala Dunia U-20 pada 2015 di Selandia Baru. Bagi Myanmar, bisa tampil ke Piala Dunia U-20 menjadi catatan pertama kali bagi sejarah sepak bola mereka. Dengan demikian, delapan tim sudah memastikan tampil di Turnamen Marahalim Cup.

Mereka adalah PSMS Medan, Medan Jaya, Semen Padang, PSM Makassar, Pelita Bandung Raya, Perth Glory Austarlia, Home United Singapura, dan timnas U-20 Myanmar. Tursilo mengatakan jika ada kemungkinan menjadi sembilan tim mengingat Persipura mengajukan minat.

“Persipura sudah mengajukan diri untuk menjadi peserta. Keputusan pastinya tinggal menunggu kepastian dari manajemen. Bila manajemen memberikan sinyal, tentu menjadi sembilan tim yang ikut turnamen,” pungkas Tursilo.

Haris dasril
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7365 seconds (0.1#10.140)