Eldin Apresiasi Seminar MICE

Jum'at, 28 November 2014 - 13:42 WIB
Eldin Apresiasi Seminar MICE
Eldin Apresiasi Seminar MICE
A A A
MEDAN - Berkembangnya sektor Meeting Insentive Convention and Exibition (MICE) merupakan indikator kemajuan ekonomi suatu bangsa.

Sebuah event internasional membutuhkan perangkat keras infrastruktur fisik dan perangkat lunak sumber daya manusia (SDM). Tentunya infrastruktur dengan kualitas yang baik merupakan penopang utama dalam perkembangan MICE.

“Mulai dari akses transportasi udara, jalan atau ketersediaan rel kereta api, convention center, hotel berbintang, destinasi wisata yang atraktif sehingga memiliki nilai tambah pemasaran yang baik dan profesional, serta conference organizeryang ahli di bidangnya,” ungkap Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, saat membacakan pidato gubsu pada acara pembukaan seminar MICE di Indonesia, yang digelar Politeknik Negeri Medan, kemarin.

Seminar bertema “Pengembangan Sumatera Utara sebagai Destinasi MICE di Indoensia” dihadiri sejumlah bupati/wali kota serta kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Sumatera Utara, Kata dia, event MICE memberi manfaat langsung pada ekonomi masyarakat seperti akomodasi, usaha kuliner, cenderamata, guide hingga transportasi lokal.

Jadi, sejalan dengan tiga strategis yang dijalankan pemerintah yakni propengentasan kemiskinan, propenciptaan lapangan kerja, serta propertumbuhan. Menurutnya, pengembangan industri pariwisata di Sumut penting digalakkan. Begitu juga pengembangan promosi dan pemasaran terpadu berkelanjutan diharapkan berdampak langsung pada multiplayer effect.

Pencitraan di kancah nasional maupun internasional karena MICE memiliki peran sentral dalam pengembangan objek yang diusungnya. “Pemerintah menyambut baik diskusi ini. Tentunya sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Kepada anggota Dewan Kota Medan nantinya dapat mencari solusi,” kata Eldin.

Melihat potensi dimana digambarkan dijadikan pedoman untuk dilakukan. Dengan diskusi ini diharapkan lahir pemikiran yang baik untuk mengembangkan Kota Medan seperti daerah lain. Lebih lanjut, kata dia, peran pemerintah kabupaten/kota untuk mempromosikan wilayahnya sebagai destinasi konsumen MICE perlu ditingkatkan.

Pengembangan industri MICE ini bertujuan meningkatkan citra Sumut sebagai tujuan pariwisata yang aman. Kerja sama antara daerah dan negara dalam memacu investasi, karena keunggulan industri MICE antaranya adalah mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar, tinggal berlama- lama. Berdampak promosi dunia, jumlah uang yang dibelanjakan, serta memberikan kebanggaan dan memperkuat diplomasi bangsa.

Sementara itu, Pembantu Direktur I Politeknik Negeri Medan, Abdul Basir, mengatakan, para peserta seminar MICE diikuti sebanyak 340 orang terdiri dari bupati/wali kota, serta kepala Dinas Pariwisata se-Provinsi Sumatera Utara, pengusaha, dosen, penggiat pariwisata, serta mahasiswa. Seminar ini juga dirangkai dengan pameran yang digelar di lingkungan Politeknik Medan.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3744 seconds (0.1#10.140)