Bangil Jadi Ibu Kota Kabupaten Pasuruan

Jum'at, 14 November 2014 - 00:14 WIB
Bangil Jadi Ibu Kota Kabupaten Pasuruan
Bangil Jadi Ibu Kota Kabupaten Pasuruan
A A A
PASURUAN - Harapan masyarakat Kabupaten Pasuruan memiliki ibu kota sebagai pusat pemerintahan segera terwujud. Pekan depan, Bupati Pasuruan akan mempresentasikan kesiapan Kota Bangil sebagai ibu kota dihadapan tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Pasuruan, Sunyono, mengungkapkan, presentasi ini sebagai bagian untuk menyakinkan pemerintah pusat bahwa Kota Bangil siap dijadikan sebagai ibu kota kabupaten.

Presentasi ini di antaranya menyangkut kesiapan infrastruktur, tata ruang kota dan sarana pendukungnya.

"Kota Bangil sudah siap 100% untuk menjadi ibu kota Kabupaten Pasuruan. Kesiapan ini didukung dengan sarana dan prasarana yang lebih dari cukup. Baik itu infrastruktur, tata ruang kota dan kelembagaan masyarakat," kata Sunyono.

Seusai pemaparan di Jakarta, tim dari Kemendagri akan turun ke lapangan melihat secara langsung kesiapan Kota Bangil. Penilaian dan evaluasi ini yang akan dijadikan dasar penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) yang menetapkan Kota Bangil sebagai ibu kota kabupaten.

"Ini tentunya akan menjadi kebanggaan masyarakat. Kabupaten Pasuruan memiliki icon kota sebagai pusat kegiatan masyarakat," tandas Sunyono.

Untuk mendukung penetapan ibu kota, sejak beberapa tahun lalu telah dimulai pemindahan sejumlah perkantoran yang selama berada di wilayah Kota Pasuruan menuju kawasan Raci, Kecamatan Bangil. Sehingga pada beberapa tahun mendatang seluruh perkantoran akan berpindah di Kota Bangil.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiyono Fauzan, mengaku setuju dengan usulan penetapan Kota Bangil sebagai ibu kota kabupaten.

"Masyarakat sudah sangat siap menyambut Kota Bangil sebagai ibu kota kabupaten. Sarana dan prasarananya sudah sangat memadai," kata Sudiyono Fauzan.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)