BKSDA Sita 5.500 Burung yang Akan Diselundupkan

Senin, 03 November 2014 - 11:40 WIB
BKSDA Sita 5.500 Burung...
BKSDA Sita 5.500 Burung yang Akan Diselundupkan
A A A
CILEGON - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar wilayah Banten menyita 5.500 burung yang akan diselundupkan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak Banten, Senin (3/11/2014).

Informasi yang diperoleh, petugas berhasil menggagalkan penyelundupan burung berawal dari laporan warga yang mencurigai adanya kendaraan truk yang membawa berbagai jenis seperti perkutut, kutilang, ciblek, pleci dari daerah Kalianda, Lampung.

"Kita berhasil menyita sebanyak 5.500 burung berbagai jenis yang diangkut dengan truk ketika keluar dari pelabuhan merak," kata petugas BKSDA Uday Hudaya saat dihubungi Sindonews melalu sambungan telepon.

Dia mengungkapkan ribuan burung tersebut rencananya akan dibawa menuju Serang, Bitung dan Jakarta ini disembunyikan dengan buah buahan dan sayur sayuran untuk mengelabuhi petugas.

"Dalam satu keranjang berisi 60 sampai 80 burung, yang rencananya akan dibawa menuju Jakarta," lanjut Uday.

Sementara itu, sopir truk beserta kenek saat ini sudah diamankan untuk dimintai keterangan di Kantor Balai Karantina Pertanian Klas II Merak, Cilegon.

Untuk ribuan burung kini masih berada di kantor karantina dan rencananya hari ini akan dibawa ke Kantor BKSDA untuk dilepaskan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2543 seconds (0.1#10.140)