Warga Diminta Waspada Material Vulkanik Gunung Slamet

Rabu, 29 Oktober 2014 - 17:31 WIB
Warga Diminta Waspada...
Warga Diminta Waspada Material Vulkanik Gunung Slamet
A A A
TEGAL - Warga di sekitar sungai yang berhulu ke Gunung Slamet diminta waspada, seiring datangnya musim hujan. Dikhawatirkan, air hujan akan membawa material vulkanik dari gunung berketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sudrajat mengakui, material vulkanik sisa erupsi masih menumpuk di puncak Gunung Slamet. "Jadi kami mengimbau warga untuk waspada dan tidak mendekati sungai. Barangkali terjadi banjir yang membawa muatan material vulkanik," kata Sudrajat, Rabu (29/10/2014).

Terdapat dua sungai yang berhulu ke Gunung Slamet, yakni Sungai Gung di Kabupaten Tegal, dan Sungai Comal di Kabupaten Pemalang. Kedua sungai tersebut melintasi sejumlah kecamatan di dua kabupaten itu. "Yang perlu diwaspadai terutama Sungai Gung yang berada di lereng sebelah utara," imbuh Sudrajat.

Dia tidak dapat memperkirakan berapa volume material vulkanik yang sudah menumpuk di puncak Gunung Slamet. Diperkirakan akan terus bertambah karena hingga saat aktivitas vulkanik masih tinggi. "Saat ini status Gunung Slamet masih siaga, jadi aktivitasnya masih tinggi," ujarnya.

Meski demikian, Sudrajat tetap meminta masyarakat untuk tidak panik berlebihan. Sebab, jika terjadi banjir material vulkanik, kondisinya tidak akan separah banjir lahar dari sisa erupsi Gunung Merapi. “Gunung Slamet bertipe strombolian. Erupsinya lebih banyak membuang gas daripada material padat,” jelasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1018 seconds (0.1#10.140)