Warga Temukan Tengkorak di Luweng

Senin, 27 Oktober 2014 - 17:59 WIB
Warga Temukan Tengkorak di Luweng
Warga Temukan Tengkorak di Luweng
A A A
GUNUNGKIDUL - Warga di sekitar Luweng Glatikan yang berada di Dusun Tambakrejo, Desa Semanu, tiba-tiba gempar. Penyebabnya, salah satu warga setempat menemukan tengkorak manusia tanpa bagian tubuh lainnya di dalam luweng sedalam 100 meter.

Anehnya, temuan Suwardi, 69, tersebut hanya tengkorak yang sudah tidak utuh lagi. Bagian tubuh lain seperti tulang badan, tangan, dan kaki sudah tidak ada di tempatnya. Banyak warga menduga temuan tengkorak tersebut merupakan tengkorak warga setempat yang hilang setahun yang lalu.

Menurut penuturan Suwardi, dirinya menemukan tengkorak tersebut sebenarnya pada Sabtu (25/10) sore. Waktu itu, dirinya merumput di sekitar luweng yang berada di atas aliran Sungai Kalisuci. Namun, dia tidak menggubris benda seperti batok tersebut. Lantaran sudah terlalu sore dia pun memilih pulang dan tidak melanjutkan mendekati benda seperti tengkorak tersebut.

Kemarin pagi, dirinya baru bercerita pada Sudiyo dan Tohiran. Ketiganya kemudian kembali mendatangi Luweng Glatikan dan mendekati benda yang diduga tengkorak tersebut. "Ternyata benar tengkorak dan kami bawa naik ke atas," tuturnya kepada wartawan, kemarin.

Setelah memastikan tengkorak dan mencari tulang yang lain tidak bisa ditemukan, mereka akhirnya membawa tengkorak tersebut ke balai rukun warga. Beberapa di antara warga kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polisi.

"Kami tidak tahu ini tengkorak siapa, yang jelas ada lubang di pelipis kanannya," kata Suwardi.

Dia bersama warga menduga temuan tengkorak itu adalah warga setempat yang sempat lumpuh dan hilang sejak setahun yang lalu. "Mungkin ini tengkorak mbah Darmo, warga sini yang hilang setahun lalu," kata dia.

Beberapa saat kemudian, petugas polisi tiba di balai RW tersebut. Mereka kemudian memeriksa tengkorak tersebut. Selanjutnya, polisi membawa tengkorak tersebut untuk dilakukan uji forensik, termasuk penyebab kematiannya.

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) 3 Polres Gunungkidul Ipda Rita Yuliana yang datang ke lokasi mengaku belum bisa memastikan identitas tengkorak tersebut. Selain kondisi yang tidak utuh lagi, tengkorak harus diperiksa lebih detil di RSUP dr Sardjito Yogyakarta. "Tengkorak ini harus diperiksa tim forensik di RSUP Dr sardjito, siang ini juga kami kirimkan tengkoraknya," katanya.

Suharjono
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6643 seconds (0.1#10.140)