Jajaki Kerja Sama dengan Durban

Senin, 27 Oktober 2014 - 17:48 WIB
Jajaki Kerja Sama dengan Durban
Jajaki Kerja Sama dengan Durban
A A A
MEDAN - Pemko Medan tengah menjajaki kerja sama dengan Kota Durban, Afrika Selatan (Afsel), melalui bentuk sister city. Tujuannya untuk menghubungkan kekuatan dan potensi yang dimiliki kedua kota.

Melalui hubungan kerja sama ini, diharapkan memberikan keuntungan bagi kedua kota, terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu terungkap ketika Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, menerima kunjungan Direktur Afrika Ditjen Asia Afrika dan Afrika (Aspasaf) Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia, Lasro Simbolon, di Balai Kota Medan, Jumat (24/10).

Menurut Lasro, kerja sama sister city ini ditawarkan untuk mengeksplorasi seluruh potensi dan keunggulan yang dimiliki Kota Medan. Pihak Kemenlu ingin menghubungkan potensi dan keunggulan itu dengan negara partner, salah satunya Afrika Selatan, khususnya Kota Durban. Apalagi keduanya sama-sama kota pelabuhan. Medan merupakan kota pelabuhan terbesar nomor empat di Indonesia, sedangkan Durban nomor tiga atau empat terbesar di Afsel.

Dipilihnya Afsel, jelas Lasro, lantaran ekonominya maju dan terkayadiAfrika. Naturalresource kuat, demokrasinya maju dan pendapatan per kapitanya pun cukup tinggi yaitu USD.12.000, sedangkan Indonesia baru mendekati USD.5.000.

"Untuk itulah melalui sister city, kita akan mendukung kerja sama di bidang ekonomi, penataan kota, dan pariwisata. Sebab, kedua kota ini memiliki potensi pariwisata yang cukup kuat dan dapat diandalkan," kata Lasro.

Selanjutnya, Lasro mengajak Pemko Medan ikut serta acara joint comissition yang digelar di Afsel pada Maret 2015. Joint comissition ini merupakan sidang komisi bersama yang dipimpin dua menteri luar negeri. Kegiatan itu akan dioptimalkan dengan satu bisnis forum terkait misi dagang, ekonomi, dan investasi.

"Jangan lupa di Afsel ini banyak pengusaha-pengusaha yang berinvestasi di luar. Sebaliknya banyak pengusaha internasional yang berinvestasi di Afsel. Di samping itu sudah banyak orang-orang kaya Indonesia yang berwisata ke sana. Sedangkan orang Afsel juga sangat senang berlibur di Indonesia. Untuk itulah melalui hubungan sister city ini akan kita jemput potensi ini agar menjadi kekuatan ekonomi," paparnya.

Semakin banyak menjalin kerja sama dengan kota-kota di dunia akan membuat Kota Medan semakin terkenal di dunia. Jadi, banyak investor datang untuk berinvestasi.

"Apalagi Pemko Medan saat ini tengah berupaya menjadikan Medan sebagai salah satu global city di dunia. Salah satu upaya untuk mewujudkan itu dengan terus menjalin kerja sama dengan kota-kota lain di dunia," ujar Syaiful.

Lia anggia nasution
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7200 seconds (0.1#10.140)