Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai Kota Medan

Rabu, 08 Oktober 2014 - 22:34 WIB
Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai Kota Medan
Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai Kota Medan
A A A
MEDAN - Abu vulkanik Gunung Sinabung sampai Kota Medan. Sepekan terakhir aktivitas Gunung Sinabung meningkat hingga mencemaskan warga.

Abu vulkanik itu terlihat menempel di kendaraan roda dua dan roda empat di Kota Medan serta lantai rumah warga. Seperti di kawasan Kecamatan Medan Baru, Medan Tuntungan, Medan Helvetia, Medan Timur dan Medan Baru.

Heri Atmaja, (40), warga Jalan Iskandar Muda Medan mengaku heran melihat banyaknya debu yang menempel di sepeda motornya.

“Aku pikir debu biasa, tapi setelah diraba sepertinya debu vulkanik karena teksturnya agak kasar seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu,” katanya kepada KORAN SINDO MEDAN, Rabu (8/10).

Andi Rahmat, (31) warga Jalan Mukhtar Basri Medan menambahkan, abu sudah terlihat menyelimuti kendaraan yang parkir di depan tokonya di depan kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sejak pagi.

“Ada teman yang bilang abu vulkanik sampai Medan. Awalnya saya enggak percaya, tapi setelah dilihat ternyata betul,” ungkapnya.

Sedangkan, Hanifah Hidayah, 32, warga Tuntungan juga mengatakan, sejak siang, teras rumahnya berdebu. Dia langsung berpikir debu itu berasal dari Gunung Sinabung. Sebab, meski cuaca panas, tapi tidak pernah teras rumahnya sekotor itu.

Staf Pelayanan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumut, Rika Kairani mengatakan, sampainya debu vulkanik Gunung Sinabung ke Kota Medan, dipengaruhi embusan angin dari pantai barat ke pantai timur.

“Kecepatan angin juga cukup kencang, yakni 15 knot atau 30 kilometer per jam sehingga sehingga abu vulkanik pun terbawa hingga ke Medan,” paparnya.

Kondisi ini juga diperparah tidak turunnya hujan, sehingga abu vulkanik langsung terlihat di benda-benda yang berada di luar rumah.

Rika mengimbau warga mengenakan masker bila beraktivitas di luar rumah agar tidak langsung terpapar abu vulkanik.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3954 seconds (0.1#10.140)