Anggota KPK Gadungan Berhasil Nikahi 5 Wanita

Jum'at, 05 September 2014 - 18:18 WIB
Anggota KPK Gadungan Berhasil Nikahi 5 Wanita
Anggota KPK Gadungan Berhasil Nikahi 5 Wanita
A A A
SURABAYA - Anggota KPK gadungan, Ahmad Tohir Arif (45), warga Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jatim, berhasil menikahi lima wanita dan menipu 19 orang dengan iming-iming akan dijadikan pegawai PNS. Akibat ulah Tohir, ke-19 orang tersebut dirugikan Rp115 juta.

Dalam aksinya, dia mengaku sebagai anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, Tohir juga berhasil mengelabui dengan menikahi lima wanita. Ini diketahui, setelah empat dari lima wanita yang dinikahi berkunjung ke tahanan Polres Sidoarjo.

"Dalam menjalankan aksinya, Tohir meminta kepada para korbannya Rp5 juta sebaga uang muka agar bisa masuk sebagai PNS," tandas Kanit Pidum Satreskrim Polres Sidoarjo Ipda Hafid Dian Maulidi kepada Wartawan, Jumat (5/9/2014).

Anggota KPK gadungan ini ditangkap petugas kepolisian di sebuah tempat karaoke, Kawasan Taman Pinang, Sidoarjo. Untuk memuluskan aksi jahatnya, Tohir memiliki seragam lengkap safari dan menggunakan nomor PIN (Personal Identification Number), serta tanda pengenal palsu pegawai KPK.

"Tak hanya itu, Tohir juga pamer senjata agar korban percaya bahwa dia adalah anggota KPK," katanya. Atas kasus ini, Tohir dijerat pasal berlapis, pasal 378 KUHP tentang Penipuan, dan atau pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6903 seconds (0.1#10.140)