Puluhan Peserta Upacara Hari Pramuka Pingsan

Kamis, 14 Agustus 2014 - 14:46 WIB
Puluhan Peserta Upacara Hari Pramuka Pingsan
Puluhan Peserta Upacara Hari Pramuka Pingsan
A A A
PAMEKASAN - Puluhan peserta upacara jatuh pingsan di lapangan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (14/08/2014). Kegiatan upacara itu digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-53.

Mereka pingsan lantaran tidak kuat menahan panasnya matahari. Pasalnya, upacara dimulai terlalu siang sehingga sinar matahari menyengat. Bahkan, petugas medis sempat kewalahan menangani. "Peserta upacara yang pingsan sekitar 20 orang. Mereka pingsan karena tidak kuat menahan panas," terang salah seorang petugas kesehatan dari Puskemas Teja, Aynul Lutfi, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/8/2014).

Ia menjelaskan, peserta yang pingsan sebagian besar belum sarapan. Mereka datang ke lokasi terlalu pagi, sehingga tidak sempat sarapan di rumah. Sedangkan upacaranya baru dimulai pukul 09. 00 WIB.

"Kami petugas medis hanya memberikan pertolongan pertama. Kalau tetap tidak sadarkan diri, kita rujuk ke puskesmas. Alhamdulillah, setelah diberi pertolongan mereka yang pingsan sadar kembali," paparnya.

Aynul menambahkan, pihaknya berpesan kepada para pelajar jika mengikuti upacara lagi supaya sarapan terlebih dulu. Supaya kondisi tubuh tetap sehat agar tidak pingsan.

Akibat banyaknya peserta yang pingsan, upacara Peringatan Hari Pramuka kurang khidmat. Sebab, mereka yang pingsan waktunya hampir bersamaan dan membuat peserta lain tidak konsentrasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6708 seconds (0.1#10.140)