Adnan Dorong Pramuka Lebih Inovatif Ikuti Perkembangan Zaman

Selasa, 22 Maret 2022 - 18:05 WIB
loading...
Adnan Dorong Pramuka Lebih Inovatif Ikuti Perkembangan Zaman
Bupati Gowa yang juga Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Gerakan Pramuka Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Selasa (22/3/2022). Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Bupati Gowa sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menitipkan harapan agar seluruh program Gerakan Pramuka dapat lebih kreatif, inovatif, dan adaptif atau mengikuti perkembangan zaman.

Ia menjelaskan kreasi dan inovasi penting, apalagi sampai kini masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga, memang diperlukan adanya penyesuaian serta perlu lebih ditingkatkan lagi dengan inovasi yang baru.



“Meskipun pandemi, kegiatan Pramuka tidak boleh berhenti. Salah satu prinsip dari Pramuka itu adalah pantang putus asa. Jadi, kita harus menyusun program yang inovatif dan adaptif mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti situasi yang ada saat ini,” kata Adnan dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (22/3/2022).

Kegiatan yang bertujuan untuk menyusun pedoman kerja pada tahun 2022 ini dilaksanakan dengan menghadirkan pengurus Kwarcab serta seluruh Kwartir Ranting untuk bisa memberikan saran dan masukan kegiatan dan program apa saja yang akan dilaksanakan selama 1 tahun mendatang.

" Gerakan Pramuka ini tiada lain untuk menyiapkan remaja dan pemuda dari pembangunan estafet kepemimpinan melalui pendidikan karakter. Apalagi di wilayah Kabupaten Gowa, Pramuka ini memang cukup banyak partisipasinya di masyarakat," ungkapnya.

Di Kabupaten Gowa sendiri, Pramuka banyak berkolaborasi dengan banyak pihak, untuk terus melakukan pengabdian kemanusiaan. Khususnya pada waktu pelaksanaan PSBB dan PPKM, Pramuka juga turut terlibat sebagai tim pendukung dalam pelaksanaannya.

" Pramuka Kwarcab Gowa juga aktif untuk membantu saudara - saudara kita yang terkena bencana banjir dan longsor yang kemarin terjadi di beberapa kabupaten. Tim Pramuka Peduli selalu siaga dalam kesiapsiagaan bencana di seluruh wilayah di Sulawesi Selatan," ujar Bupati Gowa dua periode ini.

Menyambut Jambore Nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus 2022, Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa juga telah menyiapkan 2 regu Pramuka Penggalang untuk dikirim sebagai peserta yang nantinya akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Sebagai ajang jumpa kecakapan, perwakilan yang akan dikirim ke Jamnas adalah Penggalang Pramuka Garuda yang memiliki kemampuan serta pilihan terbaik di Kabupaten Gowa. Dan sebelum diberangkatkan, akan dilatih lagi sebagai pemantapan agar dapat mengukir prestasi di Jamnas nanti," sebutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4027 seconds (0.1#10.140)