168 Kilometer Jalan di Sinjai Rusak Berat

Minggu, 25 Mei 2014 - 16:25 WIB
168 Kilometer Jalan di Sinjai Rusak Berat
168 Kilometer Jalan di Sinjai Rusak Berat
A A A
SINJAI - Berdasarkan Data Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sinjai, sedikitnya 168 kilometer jalan antarkecamatan dan jalan desa di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, rusak berat. Sebagian badan jalan yang rusak tersebut kondisinya berlubang-lubang sehingga mengganggu akses ekonomi warga di delapan kecamatan.

Salah satu titik jalan yang rusak parah terdapat di jalur Bakae, Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur. Kondisi jalan yang berlubang menyulitkan para pengendara mobil maupun motor yang melintas.

Salah seorang warga Bakae, Awaluddin mengatakan sejak jalan nasional poros Sinjai-Bulukumba dikerjakan di sepanjang wilayah Desa Kampala dan Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur, jalan becek dan licin sehingga pengendara roda dua maupun roda empat memilih melewati jalan alternatif yakni jalur Bakae.

"Inilah yang semakin memperparah kondisi jalan, semoga pemerintah segera turun tangan memperbaiki jalan kami," ujar Awaluddin, Minggu (25/5/2014).

Plt Kepala Desa Saukang Gazali menyayangkan jalur Bakae yang dijadikan jalur alternatif bagi pengendara, terutama puluhan truk yang lalu lalang membawa muatan berat karena tidak sebanding dengan konstruksi jalan lingkungan di Bakae Desa Saukang. "Masyarakat semakin resah karena jalanan jadi hancur. Kami minta kepada kontraktor atau pelaksana jalan nasional supaya bisa bertanggung jawab," ujar Gazali di Sinjai (24/5/2014).

Dari 1.256 kilometer jalan antarkecamatan dan jalan desa di Kabupaten Sinjai,168 kilometer di antaranya dikategorikan rusak berat. Sementara, 621 kilometer lainnya rusak sedang. Tahun 2014 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai menargetkan perbaikan jalan sepanjang 30 kilometer.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)