Jangan biarkan anak-anak mendaki tanpa pendamping

Minggu, 18 Mei 2014 - 16:52 WIB
Jangan biarkan anak-anak mendaki tanpa pendamping
Jangan biarkan anak-anak mendaki tanpa pendamping
A A A
Sindonews.com - Belasan anak sempat hilang di Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Kejadian serupa diharapkan tidak terulang kembali.

Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, anak-anak itu mendaki tanpa disertai pendamping orang dewasa. Hal itu jadi pelajaran penting bagi orangtua. "Kami mengharapkan pengawasan (orangtua), dalam hal ini mendaki gunung atau apa pun ceritanya agar didampingi orang dewasa," ujar Erwin di Lembang, Minggu (18/5/2014).

Dilihat dari jalur pendakian, kawasan Jayagiri memang terbilang aman. Tapi, itu berlaku bagi orang dewasa. Sedangkan bagi anak-anak tetap berbahaya, apalagi jika tidak didampingi orang dewasa dan berpengalaman.

Ia pun akan berkoordinasi dengan pihak pengelola kawasan wisata Jayagiri untuk memperketat pengawasan. Anak-anak yang akan mendaki atau bermain di lokasi, sebaiknya harus disertai orang dewasa. "Tentu kita akan evaluasi, kita akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila anak-anak tidak ada pendamping, sebaiknya tidak diizinkan," tegas Erwin.

Sementara soal upaya pencarian, menurutnya, banyak orang yang dilibatkan. Dari Polresta Cimahi saja, ada sekira 60 personel. Belum lagi ada tenaga bantuan dari Basarnas, BPBD KBB, dan masyarakat sekitar. "Jumlah seluruhnya 100 orang," ungkapnya.

Anak-anak yang sempat tersesat pun tidak ada yang sakit. "Mereka tidak ada yang luka (berat). Hanya kedinginan dan syok," pungkas Erwin.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0238 seconds (0.1#10.140)