Jalur evakuasi Merapi selesai ditambal sulam

Selasa, 06 Mei 2014 - 15:38 WIB
Jalur evakuasi Merapi selesai ditambal sulam
Jalur evakuasi Merapi selesai ditambal sulam
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggaulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, selesai melakukan tambal sulam jalur evakuasi di Kecamatan Kemalang, Klaten. Tambal sulam itu dilakukan dengan cara menguruk lobang menganga di sepanjang jalan.

Kepala BPBD Klaten Sri Winoto mengatakan, penambalan jalan sepanjang enam kilometer tersebut dilakukan dengan mengerahan pasukan, dibantu anggota TNI dan juga Polri, serta relawan yang ada di lereng Merapi.

"Tambal sulam menggunakan material pasir dan batu untuk mengurug jalanan yang berlubang. Sedangkan untuk perbaikan permanen, bakal dilakukan sekitar bulan Juni mendatang. Ini sebagai langkah kedaruratan saja. Semoga bisa digunakan untuk proses evakuasi saat Merapi meletus,” ucap Sri Winoto, Senin (6/5/2014).

Dia mengatakan, sebagian besar jalur evakuasi yang rusak parah itu berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Akan tetapi, setelah diurug, jalur evakuasi itu bisa digunakan dan lebih aman dari kecelakaan.

“Nanti bakal kita perbaiki secara permanen, untuk saat ini proses lelang akan segera kita lakukan,” imbuhnya.

Selain terus mempersiapkan jalur evakuasi, pihaknya mengaku saat ini terus memantau dan mengimbau warga yang ada di lereng Merapi, untuk tetap meningkatkan kewaspadaan mereka.

Pihaknya juga meminta warga untuk mengikuti setiap arahan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang. Dengan seperti itu, menurutnya hal-hal yang tidak diinginkan saat Merapi meletus bisa diminimalisasi.

Sementara itu, salah seorang Relawan Merapi Joko Ngaliyo mengatakan, pada Selasa pagi, kondisi gunung teraktif di Indonesia itu lebih tenang dibandingkan hari-hari sebalumnya.

Menurutnya, Merapi tidak menunjukkan aktivitas menonjol. Sedangkan sejak pagi, kondisi Merapi terlihat cukup cerah dan aktivitas puncak gunung terpantau dengan baik.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)