Dentuman Merapi makin menggelegar

Kamis, 01 Mei 2014 - 17:32 WIB
Dentuman Merapi makin menggelegar
Dentuman Merapi makin menggelegar
A A A
Sindonews.com - Suara gemuruh yang terjadi di Gunung Merapi selama empat hari berturut-turut mulai reda. Namun, Merapi masih mengeluarkan suara lain, yakni dentuman menggelegar yang terdengar hingga radius 16 kilometer dari puncak Merapi.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta, Sri Sumarti menyampaikan, secara visual merapi terlihat tenang. Hanya saja suara gemuruh berubah menjadi dentuman, seperti orang memukul gong.

"Suara dentuman paling banyak terdengar di Pos Babadan (Magelang, Jawa Tengah), disana dilaporkan terdengar dentuman sebanyak 24 kali," katanya kepada wartawan, Kamis (1/5/2014).

Tak jauh berbeda juga terdengar suara dentuman di Pos Kaliurang, Sleman, DIY sebanya 23 kali dentuman. Kedua pos tersebut jaraknya cukup dekat dengan puncak Merapi.

Begitu juga di Pos Pengamatan Jrakah, Jawa Tengah terdengar sebanyak 5 kali. Dentuman yang terdengar berlainan itu karena jarak yang berlainan antara satu sama lain. "Perbedaan jumlah yang tercatat itu karena perbedaan jarak," katanya.

Terpisah, Kepala Desa Bakalan, Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Eko Bejo Subekti mengatakan, hingga hari ini masih terdengar suara dentuman berulang-ulang. Padahal, jarak rumah tempat tinggalnya dengan puncak Merapi sekira 16 kilometer.

"Hari ini mulai banyak, seharian ini lebih dari 10 kali terdengar suara 'gler' (dentuman)," ujarnya.

Meski demikian, masyarakat sudah siap jika sewaktu-waktu harus mengungsi karena bahaya. Dia mengaku sudah mensosialisasikan kemungkinan terburuk seperti mengungsi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1743 seconds (0.1#10.140)