Kodam Diponegoro siagakan personil antisipasi Merapi dan Slamet

Rabu, 30 April 2014 - 18:31 WIB
Kodam Diponegoro siagakan personil antisipasi Merapi dan Slamet
Kodam Diponegoro siagakan personil antisipasi Merapi dan Slamet
A A A
Sindonews.com - Meningkatnya status dua gunung berapi di Jateng yakni Gunung Merapi menjadi waspada dan Gunung Slamet menjadi siaga membuat warga bersiap.

Bahkan, Kodam IV/Diponegoro juga telah menyiagakan pasukan jika kedua gunung tersebut meletus.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo melakukan peninjauan terhadap personil TNI di Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro dan Kodim Semarang, Jumat (30/4/2014).

Dalam kesempatan itu, Sunindyo mengecek persiapan pasukan terkait meningkatnya aktivitas kedua gunung berapi di Jateng itu.

“Ini kami melakukan pengecekan persiapan pasukan, saya lihat pasukan sudah siaga dan selalu berkoordinasi dengan kami,” kata dia.

Menurutnya, sebagai anggota TNI pihaknya merasa wajib untuk bersiaga mengantisipasi hal terburuk yang kemungkinan terjadi.

Untuk itu, jika nantinya sewaktu-waktu diperlukan bantuan, maka personil TNI harus siap dan segera bertindak.

“Danramil, Babinsa sampai Dandim dan Danrem sudah siap. Setiap hari juga kami selalu berkoordinasi terkait perkembangan dua gunung itu. Ini pasukan juga sudah siap, cek saja ranselnya sudah siap pergi untuk tiga hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapendam IV/Diponegoro Letkol Elpis Rudi mengatakan, untuk persiapan antisipasi bencana itu seluruh personel TNI disiapkan.

Sementara nantinya berapa personel yang dibutuhkan, melihat dari kebutuhan di lapangan.

“Pokoknya semuanya disiapkan, mengenai nantinya akan dikirim berapa itu sesuai kebutuhannya. Yang jelas ini seluruh anggota harus siap,” kata dia.

Rudi menambahkan jika saat ini pihak TNI juga sudah menempatkan pasukan di lokasi kedua gunung itu untuk melakukan pemantauan. Setiap saat, mereka berkoordinasi dan melaporkan perkembangan dari aktivitas gunung itu.

“Setiap saat berkoordinasi, pasukan sudah standby di lokasi pos-pos pemantauan,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5337 seconds (0.1#10.140)