Juru kunci prediksi Merapi akan meletus

Rabu, 30 April 2014 - 11:12 WIB
Juru kunci prediksi Merapi akan meletus
Juru kunci prediksi Merapi akan meletus
A A A
Sindonews.com - Naiknya status Gunung Merapi dari normal menjadi waspada, ditenggarai sebagai siklus empat tahunan. Fenomena siklus empat tahunan erupsi eksplosif (dari dapur magma) Gunung Merapi ini masih dipercayai oleh warga lereng Merapi.

"Percaya atau tidak, itu saya kira kembali pada masing-masing ya. Tapi, saya percaya adanya siklus empat tahunan," ujar Juru Kunci Merapi Asih, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/4/2014).

"Saya kira letusan-letusan itu merupakan perjalanan menuju siklus empat tahunan. Tapi, siklus itu tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi," sambungnya.

Selain itu, siklus empat tahunan tidak bisa diprediksi seberapa hebat letusan yang akan terjadi. "Saya kira gejala juga sudah terlihat dengan suara gemuruh," paparnya.

Berkaca pada sejarah, selama empat tahun sekali Merapi selalu meletus. Letusan hebat 2010 lalu merupakan letusan eksplosif terakhir siklus empat tahunan di Merapi.

Saat ini, bakal memasuki bulan ke lima di tahun 2014, artinya jika siklus empat tahunan itu terjadi, menyisahkan waktu tujuh bulan ke depan hingga akhir tahun ini.

"Ya enggak tahu kedepan bagaimana, tapi saya kira masyarakat perlu waspada, apalagi statusnya sekarang waspada," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4332 seconds (0.1#10.140)