Juru kunci Merapi minta warga waspada

Rabu, 30 April 2014 - 11:05 WIB
Juru kunci Merapi minta warga waspada
Juru kunci Merapi minta warga waspada
A A A
Sindonews.com - Status Gunung Merapi naik dari normal menjadi waspada. Warga lereng Gunung Merapi diminta tidak panik, dan terus melakukan aktifitas seperti hari biasa.

"Ya biasa-biasa saja, naik status itu biasa, wong tinggal di lereng gunung, apalagi itu gunung aktif," kata Juru Kunci Merapi Asih saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/4/2014).

Putra almarhum Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan itu menganggap, fenomena alam yang terjadi di Gunung Merapi merupakan sesuatu yang wajar. Namun, Asih berharap, warga sekitar tetap harus waspada, karena tinggal di zona berbahaya.

"Cuma harus waspada saja, misal disuruh mengungsi karena bahaya ya harus mengungsi, tapi kalau hanya status waspada kan tidak sampai mengungsi," imbuah pria yang diberi nama kekancing dari Kraton Yogyakarta, Mas Kliwon Suraksohargo.

Asih mengaku, semalam dirinya mendengar suara gemuruh berulang kali. Jarak rumah tempat tinggalnya hanya berkisar 12 kilometer dari puncak Merapi.

"Semalam juga dengar gluduk-gluduk, tapi biasa-biasa saja. Saya kira itu hal yang wajar, tidak perlu menanggapi secara berlebihan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, sejak pukul 23.50 WIB, BPPTKG Yogyakarta menaikan status Gunung Merapi satu tingkat dari normal menjadi waspada. Selain terdengar suara gemuruh, aktivitas kegempaan di gunung tersebut juga mengalami peningkatan.

Sejak tanggal 20-29 April, tercatat gempa guguran sebanyak 37, multiphase 13 kali, hembusan 14 kali, tektonik 24 kali, dan gempa low frekuensi 29 kali. "Status aktivitas Gunung Merapi dinaikan dari tingkat normal menjadi waspada," kata Kepala BPPTKG Subandrio.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7163 seconds (0.1#10.140)