Pemerintah kebut perbaikan jalan di Jawa Barat

Rabu, 16 April 2014 - 16:11 WIB
Pemerintah kebut perbaikan jalan di Jawa Barat
Pemerintah kebut perbaikan jalan di Jawa Barat
A A A
Sindonews.com - Sejumlah jalan nasional yang mengalami kerusakan di Jawa Barat, dijanjikan mulus sebelum bulan Ramadan. Hal itu dimaksudkan sebagai kelancaran arus mudik dan balik saat Lebaran.

"Secara umum, insya Allah semuanya diselesaikan sebelum Lebaran tiba, atau sebelum Bulan Puasa tiba," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/4/2014).

Proses tender yang dilakukan pemerintah pusat pun menurutnya sudah selesai. "Sekarang sedang dalam proses pengerjaan. Jadi proses tender sudah seluruhnya selesai. Itu berita gembira dari (Kementerian) PU," ungkapnya.

Beberapa jalan yang diperbaiki, di antaranya jalur Pantura, serta beberapa jalan di Cirebon, Sumedang, Sukabumi, Bogor, Tasikmalaya, dan Ciamis. "Kan banyak jalan-jalan rusak. Apalagi kerusakan tersebut dipicu oleh musim hujan," terangnya.

Dana perbaikan tersebut, berasal dari pemerintah pusat dengan alokasi anggaran biasa dan kebencanaan. "Perbaikan berjalan serempak seluruh Jawa Barat hingga Juni sudah selesai semuanya," jelasnya.

Selain jalan rusak, pemerintah juga akan memperbaiki salah satu jembatan rusak di kawasan Caringin, Sukabumi. Jembatan itu merupakan akses utama saat arus mudik dan balik. Tapi perbaikan jalan akan dilakukan secara bertahap tahun ini dan tahun depan.

"Tentu namanya membangun (memperbaiki) jembatan kan tidak bisa sekaligus, sebab kalau sekaligus harus ada jalan yang dipakai untuk mengalihkan (kendaraan)," tuturnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7209 seconds (0.1#10.140)