Aktivitas Gunung Slamet kini dipantau ketat

Selasa, 11 Maret 2014 - 14:40 WIB
Aktivitas Gunung Slamet kini dipantau ketat
Aktivitas Gunung Slamet kini dipantau ketat
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberlakukan pemantauan ketat terhadap aktivitas Gunung Slamet yang kini naik statusnya dari Normal menjadi Waspada.

"Kami mendapatkan instruksi dari PVMBG Bandung dan Pak Surono (Kepala Badan Geologi ESDM) untuk terus memantau secara ketat aktivitas Gunung Slamet," tutur Petugas Pengamat Gunung Slamet di Pos Gambuhan Pemalang, Jateng, Nurcholis, kepada SINDOnews.com, Selasa (11/3/2014).

Menurutnya, kendati status gunung itu baru di level waspada, pemantauan sengaja diperketat. Dia beralasan, risiko perubahan aktivitas gunung itu relatif tinggi karena banyaknya aktivitas manusia dan adanya permukiman padat.

"Kami terus memantau secara visual dan seismograf perkembangan Gunung Slamet baik embusan asap sulfatara, gempa Vulkanik Dangal (VB) dan gempa Vulkanik Dalam (VA)," tutur Nurcholis.

Dia mencatat, aktivitas yang terekam di alat seismograf yakni telah terjadi 124 kali gempa embusan. Namun, dia belum bisa merinci berapa ketinggian embusan asap putih tersebut.

"Sementara untuk gempa, hingga pukul 12.00 WIB siang ini, terjadi satu kali gempa Vulkanik Dangal (VB) dan empat kali gempa Vulkanik Dalam (VA)," tutupnya.

Baca:
24 pendaki Gunung Slamet turun dengan selamat
Gempa & hembusan asap masih terjadi di Gunung Slamet
Kronologi meningkatnya status Gunung Slamet
Cerita rakyat, asal-usul Gunung Slamet
"Gunung Slamet Waspada tanda munculnya presiden baru"
Gunung Slamet Waspada, warga Baturaden acuh
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9319 seconds (0.1#10.140)