BPBD harus sosialisasikan status Slamet ke masyarakat

Selasa, 11 Maret 2014 - 06:01 WIB
BPBD harus sosialisasikan status Slamet ke masyarakat
BPBD harus sosialisasikan status Slamet ke masyarakat
A A A
Sindonews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada BPBD di lima kabupaten yang berada di kawasan Gunung Slamet melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kondisi gunung saat ini termasuk naiknya status Waspada.

Kepala Pusat Informasi Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, selain melakukan penyuluhan dan sosialisai, BPBD juga harus melakukan penilaian bahaya dan pengecekan sarana prasana.

"BPBD harus melakukan piket terbatas terkait status Gunung Slamet ini," jelas Sutopo, Selasa ( 11/3/2014).

Dengan penyuluhan dan sosialiasi itu masyarakat akan selalu waspada tapi tidak resah atau panik. Selain itu masyarakat juga bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Seperti diberitakan sebelumnya, status Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas, dan Purbalingga naik dari aktif normal (level 1) menjadi waspada (level II) sekitar pukul 21.00 WIB, tadi malam.

Peningkatan status itu diumumkan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Surono dalam situs resmi PVMBG www.vsi.esdm. go.id. Dalam situs tersebut disebutkan, sejak 1-7 Maret terjadi 1.209 kali gempa embusan, empat kali gempa vulkanik dangkal (VB), dan satu kali gempa vulkanik dalam (VA).

Sedang pada 8-10 Maret, terjadi 441 kali Gempa eembusan, sembilan kali gempa vulkanik dangkal (VB).

Dengan meningkatnya aktivitas Gunung Slamet itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan agar lima kabupaten di kawasan Gunung Slamet dapat meningkatkan kewaspadaannya tetapi harus tetap tenang.

Baca juga;
Aktivitas Gunung Slamet meningkat
Status Gunung Slamet naik jadi Waspada
Radius 2-4 KM dari kawah Slamet harus steril
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)