Tukar satwa dengan mobil, 2 petinggi KBS diperiksa polisi

Kamis, 27 Februari 2014 - 19:41 WIB
Tukar satwa dengan mobil,...
Tukar satwa dengan mobil, 2 petinggi KBS diperiksa polisi
A A A
Sindonews.com - Aparat kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap dua petinggi di Kebun Binatang Surabaya (KBS) terkait kasus pertukaran satwa yang terjadi pada Tahun 2012 lalu.

Dua petinggi itu adalah Direktur Oprasional Dr Liang Kaspe serta Direktur Utama PDTS Ratna Atjuningrum. Mereka menjalani pemeriksaan di Satuan Pidana Ekonomi Polrestabes Surabaya.

Usai pemeriksaan, Ratna mengaku dari hasil audit dan pemeriksaan, pihak KBS menemukan ada sekira 400 satwa yang ditukar. Satwa tersebut di antaranya, Jalak Bali, Burung Pelikan dan Komodo. Selain ditukar dengan satwa, ada pula yang ditukar dengan sepeda motor dan mobil.

"Kami belum tahu berapa nilai satwa-satwa yang ditukar itu. Dan apakah pertukaran itu dilakukan karena kondisi surplus satwa atau bagimana," kata Ratna, di Mapolrestabes Surabaya, Jalan Taman Sikatan, Kamis (27/2/2014).

Sementara itu, Liang Kaspe mengatakan, ada beberapa poin yang diungkapkan kepada penyidik kepolisian. Kata Liang, dengan adanya pertukaran ini tentunya pihak KBS dirugikan.

Saat terjadi pertukaran satwa, lanjutnya, kondisi KBS tidak dalam posisi kelebihan satwa. "Saat itu jumlah satwa masih kurang belum mencapai titik overload," jelasnya.

Masih kata Liang, jika ada MoU dalam pertukaran Satwa ini tentu yang bertanggung jawab adalah Tony Sumampau. Saat itu, Tony Sumampau menjabat sebagai Tim Pengelola Sementara (TPS) KBS pada tahun 2012 silam.

"Yang jelas waktu itu MoU nya ditanda tangani ketua TPS, Pak Tony Sumampau. Kalau yang lain saya enggak ngerti. Karena saat itu saya memang tidak dilibatkan. Jadi selain Pak Tony Sumampau, saya enggak ngerti," tukasnya.

Baca:
Siangnya sehat, malamnya Unta KBS mati kembung
Setelah Anoa, Unta KBS ditemukan mati
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9870 seconds (0.1#10.140)