Awal Maret, 6 penguin tambah koleksi Gembira Loka

Minggu, 23 Februari 2014 - 01:25 WIB
Awal Maret, 6 penguin tambah koleksi Gembira Loka
Awal Maret, 6 penguin tambah koleksi Gembira Loka
A A A
Sindonews.com – Kepastian rencana mendatangkan penguin ke Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka akhirnya terjawab. Enam penguin yang didatangkan dari Singapura dipastikan sudah menjadi bagian koleksi satwa

Gembira Loka pada awal Maret mendatang.Direktur Utama Gembira Loka KMT A Tirtodiprojo mengatakan, persoalan utama untuk mendatangkan penguin adalah masalah pakan. Sebab, tidak akan yang mau mengirimkan penguin sebelum problem pakan selesai. Padahal, pakan untuk penguin seluruhnya impor.

“Dia kan tidak bisa dikasih pakan sembarangan. Dia makannya ikan capelin, herring, dan smelt, dan itu harus diimpor. Dalam 2-3 pekan ini, diharapkan pakan sudah sampai di Yogya. Sepekan kemudian penguinnya datang,” kata Tirto, Sabtu (22/2/2014).

Dia mengatakan, keenam penguin yang akan menambah koleksi satwa Gembira Loka didatangkan dari Singapura. Walaupun sebenarnya penguin itu didatangkan dari Afrika bagian tengah.

Nantinya penguin akan diterbangkan menggunakan pesawat langsung Singapura-Yogyakarta. Saat ini pengurusan untuk kedatangan melalui kargo sudah selesai. Sehingga, Gembira Loka hanya tinggal menunggu selesainya pengurusan pakan untuk penguin. “Kalau surat menyurat untuk penguin sudah siap. Jadi begitu pakan tersedia, langsung kirim,” jelasnya.

Di luar persoalan pakan, tidak ada lagi masalah lain yang harus diselesaikan. Tempat maupun ekosistem untuk penguin sudah disiapkan sedemikian rupa. Gembira Loka sudah mempelajari ekosistemnya dari Kebun Binatang di Siangapura. Sehingga, begitu penguin datang bisa langsung
ditempatkan di kandang yang sudah ada.

“Semua sudah siap, termasuk suhu misalnya yang harus 25 derajat maksimal tidak boleh lebih. Kemudian ada tempat yang tertutup dan terbuka. Juga sudah kami siapkan. Untuk suhu dinginnya menggunakan air conditioned ac),” tambahnya.

Manajer Marketing dan Pengembangan Gembira Loka Josep Kurniawan mengatakan, enam penguin yang akan didatangkan terdiri dari empat jantan dan dua betina. Dia mengakui, problem pakan membuat rencana mendatangkan penguin molor cukup lama.

“Rencana semula pada 2013 sudah datang, tapi ternyata meleset. Tapi sebentar lagi, mudah-mudahan sudah bisa didatangkan. Sekarang sudah tinggal menyelesaikan satu item saja yakni soal pakan,” katanya.

Saat ini, Gembira Loka memiliki koleksi satwa sebanyak 1.800 ekor dengan jumlah spesies mencapai 305. Enam penguin yang akan segera datang akan menjadi koleksi tambahan kebun binatang ini.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7189 seconds (0.1#10.140)