5 dearah di Cirebon diwacanakan jadi kawasan metropolis

Kamis, 06 Februari 2014 - 18:24 WIB
5 dearah di Cirebon diwacanakan jadi kawasan metropolis
5 dearah di Cirebon diwacanakan jadi kawasan metropolis
A A A
Sindonews.com- Lima daerah di wilayah Cirebon yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) diwacanakan menjadi kawasan metropolis.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan, keberadaan keraton akan semakin membantu percepatan terwujudnya kawasan metropolis di Ciayumajakuning. Karenanya revitalisasi keraton saat ini merupakan salah satu awal dalam menuju predikat tersebut.

"Keraton menjadi tempat strategis dalam mengantarkan percepatan Kawasan Ciayumajakuning menjadi kawasan metropolitan," kata dia saat menghadiri acara penyelesaian proyek revitalisasi keraton di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kamis (6/4/2014).

Apalagi, lanjut dia, sarana dan prasarana lain sudah cukup lengkap seperti pelabuhan, pusat perkantoran, bandara internasional, jalan tol, areal pertanian, perguruan tinggi, perhotelan hingga stasiun kereta api. Tampak hadir tuan rumah Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Dirjen Pariwisata dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan, serta Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno.

Pihaknya meyakini kawasan Kota Metropolis Ciayumajakuning bisa terwujud dalam dua tahun ke depan. Salah satunya dengan didahului selesainya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pada 2016.

Saat ini ada tiga kawasan metropolis lain di Jabar, masing-masing Kawasan Bandung Raya, Bogor, Depok, Karawang, Bekasi, dan Purwakarta. Menurut dia, kawasan metropolitan di Ciayumajakuning harus diimbagi dengan terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas sehingga masyarakat tidak menjadi korban pesatnya pembangunan dan kebudayaan.

"Jangan sampai orang dari luar Ciayumajakuning yang bekerja. Makanya kita harus menyiapkan sumber daya manusianya,” tandas dia.

Sementara itu, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mengatakan, revitalisasi Keraton-keraton di Cirebon akan ikut mempercepat perwujudan Kawasan Ciayumajakuning menjadi Kawasan Metropolitan. "Pembangunan yang terjadi di wilayah Cirebon harus dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8855 seconds (0.1#10.140)