40 orang gila di Bandung terjaring razia, 3 bawa sajam

Senin, 03 Februari 2014 - 16:04 WIB
40 orang gila di Bandung...
40 orang gila di Bandung terjaring razia, 3 bawa sajam
A A A
Sindonews.com - ‎Setelah melakukan razia selama tiga jam, Tim Gabungan dari Dandim 0618/BS Kota Bandung berhasil mengamankan 40 orang gila dari seluruh wilayah, di Kota Bandung.

Dandim 0618/BS Kota Bandung Letkol Inf Rudi M Ramdan menjelaskan, dari 40 orang gila yang terjaring, 10 di antaranya berjenis kelamin wanita. Sedangkan 30 lainnya adalah pria.

"Perlawanan ada. Mulai dari yang kabur, sampai ada yang ngacungin sangkur dan pisau. Tapi dengan bantuan pihak Yayasan Keris Nangtung yang biasa menangani orang gila atau psikotis, mereka bisa luluh dengan cara prefentif," jelasnya, usai razia di Makodim 0618/BS Kota Bandung, Senin (3/2/2013).

Usai melakukan razia, 40 orang gila tersebut dikumpulkan di halaman belakang Makodim. Terlihat, petugas melakukan pembersihan dengan mencukur rambut para orang gila yang rata-rata sudah menggimbal.

Setelah dilakukan pencukuran, selanjutnya 40 orang gila itu dibersihkan dengan cara dimandikan. Selanjutnya, pakaian lusuh dan compang-camping yang semula dikenakan, diganti dengan yang baru.

"Besok kita serahkan ke RSJ Cisarua dan RS Hasan Sadikin. Sisanya nanti kita bawa ke Yayasan Keris Nangtung yang ada di Tasikmalaya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rudi pun mengucapkan terima kasih kepada instansi lain yang telah membantu razia kali ini. Selain itu, pihaknya juga berterima kasih terhadap para pengusaha yang mau turut serta.

"Alhamdullilah, kita dapat bantuan dari para pengusaha berupa beras sebanyak satu ton, mie instan, dan juga pakain baru yang akan dikenakan mereka (orang gila)," ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan razia orang gila tersebut ‎bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para orang gila yang selama ini tersisihkan agar bisa hidup lebih layak di rumah sakit atau yayasan yang akan menampung mereka.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)