Erupsi Sinabung, 3 warga terkena awan panas

Sabtu, 01 Februari 2014 - 18:15 WIB
Erupsi Sinabung, 3 warga terkena awan panas
Erupsi Sinabung, 3 warga terkena awan panas
A A A
Sindonews.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, erupsi Gunung Sinabung yang disertai awan panas hari ini, melukai tiga orang warga di Desa Sukameriah.

Ketiga orang itu adalah Sehat Sembiring (48) dan anaknya Surya Sembiring (21), warga Kabanjahe. Mereka menjadi korban awan panas saat akan ziarah ke Desa Sukameriah, di bagian atasnya, di 2,7 km dari kawah G.Sinabung.

"Korban ketiga adalah Doni Milala (60), warga Desa Sukameriah yang sedang menengok rumahnya setelah ditinggal mengungsi. Ketiga korban saat ini dirawat intensif di RS Evarina Etatham Kabanjahe, Karo," ujar Sutopo kepada Sindonews, Sabtu (1/2/2014).

Ditambahkan dia, Desa Sukameriah terletak di tiga km di selatan Gunung Sinabung. Desa ini termasuk wilayah yang sangat berbahaya, karena letaknya sangat berdekatan dengan lintasan awan panas yang mencapai 4,5 km.

"Radius lima km dari puncak Gunung Sinabung adalah daerah yang harus dikosongkan dari aktivitas masyarakat. Namun masih banyak masyarakat yang kembali ke rumah pada siang hari, dan malam hari kembali ke pengungsian," terangnya.

Hingga kini, masih ada 16 desa yang masih harus dikosongkan karena berbahaya. Terdiri dari Desa Sukameriah, Guru Kinayan, Selandi, Berastepu, Dusun Sibintun, Gamber, Kuta Tengah, Dusun Lau Kawar, ekerah, Simacem, Kutarayat, Sigaranggarang, Kutatonggal, Sukanalu, Kutagugung, Mardinding, Temberun, dan Perbaji.

"Pengungsi belum boleh pulang. Petugas saat ini sudah berada di sekitar lokasi. Pengamanan diperketat," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)