SBY serahkan penanganan Sinabung ke BNPB

Jum'at, 24 Januari 2014 - 14:00 WIB
SBY serahkan penanganan Sinabung ke BNPB
SBY serahkan penanganan Sinabung ke BNPB
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan sepenuhnya penanganan bencana Gunung Sinabung kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam arahannya, SBY meminta BNPB menjalankan pengendalian, langkah, kebijakan, solusi dan program untuk mengatasi erupsi Gunung Pengungsi dan dampak letusannya.

"Agar semua upaya, kebijakan dan program berjalan dengan baik maka pengendalian dan penanganan dampak erupsi berada di bawah Kepala BNPB, Syamsul Maarif, dibantu Kasdam Bukit Barisan, Brigjend Handoko dan Bupati, Gubernur dan jajarannya harus mensukseskan semua," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Jumat (24/1/2014).

Menurut SBY, untuk bantuan logistik serta kesehatan bagi pengungsi akan dilanjutkan dan dikoordinasikan BNPB dibantu dengan Pemerintah Daerah Karo dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Untuk pendidikan akan diberikan beasiswa SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Tidak boleh ada yang drop out. Memberikan insentif cash for work (padat karya) kepada setiap kepala keluarga yang terdampak dan relokasi. Memberikan bantuan bagi lahan perkebunan dan pertanian yang terganggu dengan tepat," ujar Sutopo.

BNPB, lanjut Sutopo, juga menjalankan kebijakan jangka menengah untuk 1-2 tahun dengan relokasi bagi warga yang bermukim di radius 3 kilometer dengan diberikan bangunan hunian tetap bagi 1.000 KK.

"Saat ini sudah diperoleh areal 15 hektare di daerah berjarak 5-7 km sehingga masih perlu dicari 10 ha lagi. Pemerintah sudah punya lahan tetapi jaraknya jauh dari areal pertanian. Penggunaan uang negara ratusan miliar agar dipergunakan dengan baik dan bertanggung jawab," kata Sutopo.

Baca:
SBY tak tetapkan erupsi Sinabung bencana nasional
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7993 seconds (0.1#10.140)