Hajat Dalem Gunungan lambangkan kesuburan Tanah Jawa

Selasa, 14 Januari 2014 - 15:31 WIB
Hajat Dalem Gunungan lambangkan kesuburan Tanah Jawa
Hajat Dalem Gunungan lambangkan kesuburan Tanah Jawa
A A A
Sindonews.com - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memperingati kelahiran hari Nabi Muhammad SAW dengan menggelar Hajat Dalem Gunungan. Acara ini berlangsung meriah dan menghadirkan dua pasang gunungan berukuran besar dan dibagikan kepada masyarakat di Masjid Agung Karaton Kasunanan Surakarta.

Selain untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini juga untuk menutup pekan sekaten atau sepekan gamelan sekaten yang ditabuh di Masjid Agung.

Gunungan yang dikeluarkan merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas segala berkah yang telah diberikan. Gunungan itu, disebut berpasangan karena terdiri dari dua jenis kelamin, laki-laki dengan nama Gunungan Jaler dan perempuan dengan nama Gunungan Estri.

Gunungan jaler terbuat dari sayur mayur dan hasil bumi khas Tanah Jawa, sebagai simbol kesuburan. Sedangkan Gunungan Estri terbuat dari Rengginang atau beras ketan, serta makanan matang lainnya sebagai simbol kelimpahan makanan. Keduanya menjadi lambang kultur masyarakat Jawa yang agraris.

Sebelum dibagikan kepada masyarakat, gunungan terlebih dahulu didoakan di Masjid Agung. Namun seperti biasanya, doa belum selesai, gunungan telah diperebutkan oleh masyarakat yang tidak sabar menunggu.

Sementara tradisi gerebeg ditandai dengan keluarnya pasukan drumband diikuti prajurit keraton bersenjata tradisional dan barisan abdi dalem pembawa gamelan kraton. Iring-iringan abdi dalem ini yang membawa gunungan.

Bagi sebagian masyarakat Jawa yang percaya, makanan dan hasil bumi yang disajikan dalam gunungan tersebut bisa membawa berkah, melancarkan rejeki, menyuburkan tanah pertanian dan perkebunan, serta dapat membawa kesehatan jasmani bagi yang menderita sakit.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7838 seconds (0.1#10.140)