Jenazah Gusti Joyo disalatkan, ratusan pelayat berdatangan

Rabu, 01 Januari 2014 - 14:06 WIB
Jenazah Gusti Joyo disalatkan,...
Jenazah Gusti Joyo disalatkan, ratusan pelayat berdatangan
A A A
Sindonews.com - Ratusan pelayat hingga siang ini terus berdatangan ke rumah duka Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo di Ndalem Joyokusuman.

Pemandangan ini sudah nampak sejak kemarin sore setelah warga DIY mendengar kabar adik kandung Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X itu mangkat usai dirawat 15 hari di Rumah Sakit Medistra, Tebet, Jakarta.

Di sepanjang Jalan Rotowijayan sudah dipenuhi karangan bunga belasungkawa. Akses menuju rumah duka pun telah ditutup. Pelayat diminta memarkir kendaraannya di sekitar Alun-alun Utara, sekitar 200 meter dari rumah duka.

Salah satu kakak almarhum, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto mengatakan, saat ini jenazah sedang disalatkan di Masjid Rotowijayan. "Ini merupakan pesan dari almarhum sebelum meninggal," kata dia, Rabu (1/1/2014).

Usai disalatkan, jenazah akan dimakamkan di Pasarean Hastorenggo Kotagede Yogyakarta. Pemakaman tersebut merupakan kompleks pemakaman keluarga Keraton Yogyakarta.

Seperti diketahui, Gusti Joyo, sapaan akrabnya, meninggal dunia kemarin petang pukul 17.00 WIB di RS Medistra Jakarta. Gusti Joyo meninggal karena komplikasi penyakit paru dan diabetes. Gusti Joyo meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Baca:
GBPH Joyokusumo ingin dimakamkan di Kotagede
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0584 seconds (0.1#10.140)