Tolak kriminalisasi, besok IDI kepung MA

Selasa, 26 November 2013 - 15:14 WIB
Tolak kriminalisasi, besok IDI kepung MA
Tolak kriminalisasi, besok IDI kepung MA
A A A
Sindonews.com - Besok, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan melaksakan aksi nasional dan tafakur, di Mahkamah Agung (MA). Hal ini dimaksudkan untuk menuntut keadilan untuk Dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani.

Ketua Umum IDI Zaenal Abidin mengatakan, besok akan banyak dokter yang berdemo dengan tujuan akhir pada MA. Dalam hal ini, para dokter akan tetap akan melakukan pelayanan.

"Kita akan tetap melakukan pelayanan kepada emergency dan orang miskin. Maka dokter emergency akan tetap berada di rumah sakit," kata dia, saat ditemui di Kantor IDI Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Menurut dia, banyak kejanggalan dalam proses penahanan yang dilakukan oleh penegak hukum. Jika dilihat dokter Ayu diperlakukan seperti teroris dan buronan. Untuk itu, akan dilakukan protes keras kepada Kejagung dan Polri.

Dalam hal ini, Zainal mengatakan, sudah berkordinasi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan sudah mengirimkan surat namun tidak dibalas. "Secepatnya kita akan ajukan Peninjauan Kembali (PK) dan memperkuat tim hukum kami," tegasnya.

Selain dokter Ayu, ada dua dokter lagi yang dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung pada 18 September 2012. Keduanya adalah Dr. Hendry Simanjuntak dan Dr. Hendy Siagian. Dalam vonisnya, Hendry dijatuhi hukuman badan 10 tahun penjara.

Sedangkan Dr. Hendy, saat ini menyembunyikan diri alias buron. Ketiga dokter tersebut, dianggap terbukti melakukan kasus malapraktik terhadap pasien Fransiska Maketey pada 2010 lalu, sehingga menyebabkan pasien meninggal.

Baca juga: Diduga malapraktik, dokter di penjara 10 bulan
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6497 seconds (0.1#10.140)