Lagi, Gunung Sinabung erupsi eksplosif hingga 8.000 meter

Senin, 18 November 2013 - 15:38 WIB
Lagi, Gunung Sinabung erupsi eksplosif hingga 8.000 meter
Lagi, Gunung Sinabung erupsi eksplosif hingga 8.000 meter
A A A
Sindonews.com - Meskipun Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) telah meletus berkali-kali, aktivitas vulkanik gunung tersebut masih saja tetap saja tinggi. Bahkan, pagi tadi, Senin (18/11/2013) pukul 07.04 Wib terjadi erupsi eksplosif.

Erupsi diikuti suara gemuruh yang didengar dari Desa Tigandeket, Brastagi, Kabanjahe, Payung, Sigaranggarang, dan Laukawar. Aplitude maksimum 120 mm (overscale selama 3 menit).

"Lama gempa letusan 32 menit. Kolom abu letusan tebal abu kehitaman mencapai ketinggian maksimum 8.000 meter dari puncak. Jatuhan abu dominan mengarah ke barat daya (ke DesaMardinding-Tigandreket-Payung)," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, endapan abu di sini mencapai ketebalan 1,5-2,5 cm. Luncuran awan panas sejauh 500m dari puncak ke arah bukaan ke Desa Sukameriah. Setelah letusan mereda teramati kolom asap di puncak sebanyak lima kolom asap (Susuk, barat gunung) dan 4 kolom asap diamati dari Pos PGA Sinabung.

"Berdasarkan pantauan dari Pos Gunung Sinabung yang selalu dilaporkan oleh Dr Surono (mantan Kepala PVMBG Badan Geologi) ke Posko BNPB, pada hari ini aktivitas gunung masih tinggi," lanjut Sutopo.

Ia pun meminta masyarakat di sekitar Sinabung untuk terus siaga dan tetap tenang agar tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. "Masyarakat diminta mengikuti arahan dari petugas di pos pengungsian," kata Sutopo.

Sementara itu, hingga kini jumlah pengungsi tercatat 6.155 jiwa (1.902 KK) yang tersebar di 16 titik pengungsian. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dari erupsi dan lahar dingin G. Sinabung.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8551 seconds (0.1#10.140)
pixels