KPU Polman janji distribusi surat suara tepat waktu

Senin, 07 Oktober 2013 - 06:17 WIB
KPU Polman janji distribusi surat suara tepat waktu
KPU Polman janji distribusi surat suara tepat waktu
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), memastikan distribusi kertas suara menjelang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polman periode 2014-2019 tepat waktu.

“Distribusi kertas suara hingga tingkat KPPS dipastikan rampung hari ini (Senin),” kata Anggota KPU Polman Divisi Logistik, Machmud Rawi, saat ditemui di Kantor KPU Polman, Minggu (6/10/2013).

Bahkan, kata dia, sesuai dengan laporan, distribusi surat suara sudah 90 persen. Sehingga, KPU memastikan hari ini seluruhnya sudah di KPPS. Berdasarkan laporan sementara, sampai saat ini, tidak ada kendala dalam proses distribusi, termasuk di wilayah pelosok seperti Kecamatan Tutar, Matangnga, Luyo dan Limboro.

Machmud menyampaikan, dengan distribusi kertas suara yang diharapkan selesai hari ini, tentu diharapkan tidak ada kendala pada kertas suara hingga jelang hari pencoblosan Selasa, 8 Oktober.

Sementara itu, terkait dengan kekurangan suara di TPS pada hari saat hari pencoblosan, KPU telah menetapkan untuk dilaporkan secara berjenjang. Hanya saja, jika terjadi kekuarangan suara di satu TPS, bisa ditutupi dengan mengambil kelebihan kertas suara di TPS terdekat.

Machmud menambahkan, pengalaman selama ini antisipasi dengan adanya kelebihan 2,5 persen kertas suara itu biasanya sudah mencukupi kekuarngan yang terjadi, sehingga tidak terlalu merisaukan.

Namun demikian, antisipasi untuk wilayah-wilayah perkotaan yang padat penduduk, terlebih dengan adanya putusan MK yang membolehkan memilih bagi yang tidak terdaftar di dalam DPS ataupun terdaftar dalam DPT cukup melaporkan kartu keluarga dengan KTP. Juga bagi warga negara yang belum berusia 17 tahun pada tanggal 8 Oktober itu, itu sudah bisa memilih.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)