Pertengahan Oktober, hujan aktif guyur Makassar

Senin, 07 Oktober 2013 - 05:28 WIB
Pertengahan Oktober, hujan aktif guyur Makassar
Pertengahan Oktober, hujan aktif guyur Makassar
A A A
Sindonews.com - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, memprediksi jika pertengahan Oktober 2013 hingga Januari 2014 mendatang, hujan aktif mengguyur Wilayah Sulawesi-Selatan (Sulsel) bagian barat, khususnya Kota Makassar.

Kepala BMKG wilayah IV Makassar, Soejarwo, mengemukakan peralihan musim kemarau ke musim hujan sudah terjadi di Kota Makassar. Hal itu ditandai setelah terjadinya peralihan angin dari selatan ke utara kini beralih dengan angin timur yang bertiup ke barat daya. Sehingga anomali alam tersebut menyebabkan terbentuknya awan-awan hujan di selat Makassar.

"Peralihan angin ini menyebabkan wilayah Sulsel bagian barat seperti Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Parepare dan Pinrang akan dilanda hujan, dan normalnya akan terjadi pada minggu ke tiga Oktober ini," tuturnya kepada SINDO, Minggu (6/10/2013).

Sementara itu, Prakirawan BMKG wilayah IV, Andi Cahyadi, menambahkan pasca hujan perdana yang mengguyur Makassar, Minggu (6/10) kemarin, merupakan tanda-tanda peralihan musim kemarau ke musim hujan. Hanya ia belum bisa menganalisis lebih jauh apakah intensitas hujan tersebut terus akan aktif hingga pertengahan Oktober mendatang.

"Hujan yang turun hari ini merupakan tanda-tanda peralihan cuaca, memang intensitas masih ringan, tapi ini akan terus aktif hingga Oktober sampai Januari tahun depan. Kita prediksi hujan keras akan terjadi pada akhir November hingga Januari tahun depan," urainya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6017 seconds (0.1#10.140)