Kawasan wisata tak terganggu letusan Tangkuban Parahu

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 12:39 WIB
Kawasan wisata tak terganggu...
Kawasan wisata tak terganggu letusan Tangkuban Parahu
A A A
Sindonews.com - Gunung Tangkuban Parahu tadi pagi meletus sebanyak satu kali. Tapi hal itu tidak berdampak pada objek wisata lain yang berada di sekitar Tangkuban Parahu, khususnya Subang.

"Kalau warga mau wisata ke tempat lain, silakan saja," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), M Hendrasto, di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/10/2013).

Status waspada yang ditetapkan PVMBG sejak pukul 06.30 WIB hanya merekomendasikan 1,5 kilometer dari pusat kawah Tangkuban Parahu untuk disterilkan.

Abu akibat letusan juga tidak menyebar jauh, hanya sekira 500 meter ke arah barat. "Jadi kalau mau ke Maribaya, Ciater, dan lain-lain, itu tidak apa-apa," ungkap Toto, sapaan akrabnya.

Tapi yang pasti, Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk ditutup bagi pengunjung dan pedagang. Sementara saat ini, tim dari PVMBG sedang menuju lokasi untuk melakukan pemantauan.

Toto mengatakan, saat letusan terjadi, belum ada aktivitas warga dan pedagang di sekitar lokasi. Begitu terjadi letusan, petugas di lapangan langsung mengambil tindakan.

"Petugas kita langsung nyegat pedagang di pintu karcis Tangkuban Parahu supaya tidak masuk ke sekitar lokasi," jelasnya.

Toto menambahkan, letusan yang terjadi terbilang kecil. Tapi demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, status Waspada ditetapkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Diberitakan sebelumnya, Tangkuban Parahu meletus pada pukul 06.21 WIB tadi. Letusan terjadi di Kawah Ratu. Letusan terakhir di sana terjadi sekira Februari hingga Maret lalu.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)