Baru direnovasi, gedung seni SD roboh

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 16:32 WIB
Baru direnovasi, gedung seni SD roboh
Baru direnovasi, gedung seni SD roboh
A A A
Sindonews.com - Baru tiga tahun mendapat sentuhan renovasi, sebuah bangunan gedung kesenian SD Negeri I Bangun, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek roboh.

Beruntung, ambruknya ruang belajar seni tersebut berlangsung Kamis (3/10) dini hari. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka. Kepala Desa Bangun Puguh Hadi Santoso mengatakan musibah terjadi bersamaan dengan turunnya hujan dengan curah yang lebat.

"Kita belum tahu apa yang menjadi penyebabnya. Namun diperkirakan karena usia bangunan yang tidak mampu lagi menyangga beban," ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/10/2013).

Sepengetahuan Puguh, tempat belajar mengajar tersebut didirikan sekitar tahun 1984. Karena kondisi yang sudah tidak layak, pada tahun 2010, pemerintah daerah melakukan perbaikan.

"Namun informasinya yang direnovasi hanya bagian atapnya saja. Jadi atapnya saja yang baru. Sementara bangunan secara keseluruhan peninggalan lama," terangnya.

Terkait dengan musibah tersebut, Puguh mengaku sudah melaporkan ke pemerintah daerah setempat. "Dan bupati sudah melakukan tinjauan ke lokasi bangunan yang rusak," pungkasnya.

Menanggapi hal itu Bupati Trenggalek, Mulyadi WR, memastikan kerusakan bangunan bukan akibat kesalahan prosedur. Ambruknya gedung kesenian lebih dikarenakan usia bangunan yang sudah tua.

"Meski atapnya baru, namun kalau bangunanya tua dan tidak kuat tentu akan roboh. Yang disyukuri, dalam peristiwa ini tidak sampai menelan korban," ujarnya.

Mulyadi berjanji akan secepatnya melakukan pembangunan ulang. Dan robohnya bangunan kesenian tersebut dipastikan tidak akan mengganggu proses belajar mengajar.

"Sebab yang rusak ini ruang kesenian. Sementara bangunan yang lain masih berdiri dengan kokoh," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7373 seconds (0.1#10.140)