241 desa di Pasuruan akan gelar pilkades serentak

Kamis, 03 Oktober 2013 - 18:24 WIB
241 desa di Pasuruan akan gelar pilkades serentak
241 desa di Pasuruan akan gelar pilkades serentak
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 241 desa dari 365 desa di Kabupaten Pasuruan akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pelaksanaan Pilkades ini akan dilangsungkan dalam tiga tahap selama bulan Oktober 2013.

"Pilkades akan dilaksanakan pada hari libur. Sehingga diharapkan partisipasi masyarakat memberikan hak politiknya semakin tinggi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Pasuruan, Sunyono, Kamis (3/10/2013).

Menurut Sunyono, untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan sosial, Pemkab Pasuruan telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian dalam hal pengamanannya. Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota akan mengerahkan seluruh kekuatan personelnya untuk mensukseskan jalannya pilkades tersebut.

"Setiap tahap sedikitnya ada 31 hingga 89 desa yang menyelenggarakan Pilkades secara bersamaan. Sedangkan beberapa desa lainnya telah dilaksanakan di luar tahapan tersebut, yakni pada bulan September dan November," tandas Sunyono.

Asisten I Sekkab Pasuruan, Soeharto, menandaskan, selama tahapan pelaksanaan Pilkades pihaknya telah mengingatkan panitia Pilkades bersikap netral dan tidak berpihak pada salah satu calon. Hal ini dimaksudkan agar benih-benih potensi kerawanan sosial akan muncul ketika terjadi persoalan di kemudian hari.

"Panitia Pilkades harus netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon, karena itu sangat berbahaya. Jika ada sengketa administratif sebaiknya diselesaikan secara internal. Namun jika tidak bisa, silakan ditempuh melalui jalur hukum," kata Soeharto.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mengimbau agar seluruh elemen masyarakat menyukseskan pelaksanaan pilkades di desa masing-masing. Masyarakat juga diminta untuk menjaga kondusifitas keamanan hingga proses penghitungan selesai dilakukan.

"Potensi konflik bisa terjadi kapan saja. Namun itu bisa diredam jika masing-masing pihak bertindak bijaksana dengan hati yang dingin. Pilkades adalah sarana untuk memilih pemimpin dalam upaya memajukan pembangunan desa," kata Bupati Irsyad Yusuf.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6682 seconds (0.1#10.140)