Janin menempel di mulut bayi bisa jadi kembar tiga

Rabu, 25 September 2013 - 10:31 WIB
Janin menempel di mulut...
Janin menempel di mulut bayi bisa jadi kembar tiga
A A A
Sindonews.com - Ginan Septian Nugraha mengalami kelainan. Tubuh saudara kembarnya yang tidak sempurna menempel pada mulut Ginan. Bayi malang itu kemungkinan akan jadi kembar tiga.

Itu diketahui setelah tim dokter memeriksa Ginan. Di tubuh tidak sempurna yang menempel ke mulut Ginan, ternyata memiliki dua kelamin. Artinya jika dijumlahkan dengan Ginan, total kelamin di tubuh mereka ada tiga.

"Bisa jadi kemungkinan (kembar tiga) karena alat kelamin di tubuh yang satu lagi ada dua. Kelaminnya laki-laki, tapi yang satu kecil, yang satu lebih besar ukurannya," ujar Kasubag Humas dan Publikasi RS Hasan Sadikin (RSHS), Tengku Djumala, di RSHS, Kota Bandung, Selasa (24/9/2013).

Selain kelamin, di tubuh tak sempurna itu juga ada anggota badan lain yang mirip kaki. Jumlahnya ada tiga. "Tapi kita sebut itu tangan atau kaki juga susah karena bentuknya tidak sempurna," jelasnya.

Di bagian yang mirip kaki atau tangan itu, secara kasat mata Djumala mengatakan bertulang. Tapi untuk bagian tubuhnya yang lain belum bisa dipastikan.

Hingga kini, Ginan terus mendapat perawatan intensif. Kondisi Ginan pun cukup stabil. Tapi belum bisa dipastikan kapan operasi pemisahan dilakukan mengingat rangkaian berbagai pemeriksaan harus dilakukan secara detil.

"Sampai sekarang masih di-follow up oleh tim dokter yang menanganinya. Itu harus betul-betul detail agar bisa ditentukan kapan operasi dan segala hal yang harus dipersiapkan dari sebelum hingga sesudah operasi. Makanya tim rapat terus tiap hari untuk membahas itu," tutunya.

Ginan Septian Nugraha lahir pada Kamis, 19 September 2013, di rumah orangtuanya di Kampung Cikadu, Desa Ciroyom Hilir, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat. Ia lahir secara normal dengan bantuan bidan desa. Setelah keluar dari rahim, bidan yang melihat kondisi itu kaget dan mengira Ginan menderita tumor.

Karena kondisinya itu, Ginan langsung dibawa ke Rumah Sakit Cibabat Kota Cimahi. Pihak RS Cibabat angkat tangan dengan kondisi itu. Ginan lalu dirujuk ke RSHS untuk mendapat perawatan intensif hingga kini.

Setelah diperiksa lebih lanjut, diketahui ternyata Ginan kemungkinan akan jadi bayi kembar. Tapi kembaran Ginan tidak tumbuh dengan sempurna. Bahkan kembarannya itu menempel di mulut dalam bagian atas.

Ginan merupakan anak ketiga anak pasangan Aep Supriatna (36) dan Yani Mulyani (33). Keluarga ini terbilang tidak mampu. Aep bekerja sebagai penjual es cincau keliling, sedangkan Yani hanya ibu rumah tangga biasa.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)