Gunung Sinabung meletus, Gunung Marapi bereaksi

Senin, 16 September 2013 - 15:21 WIB
Gunung Sinabung meletus, Gunung Marapi bereaksi
Gunung Sinabung meletus, Gunung Marapi bereaksi
A A A
Sindonews.com - Letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), ternyata mempengaruhi aktivitas Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Warseno, akibat letusan Gunung Sinabung, Gunung Marapi sekira pukul 07.30 WIB, menyemburkan asap tebal setinggi 500 meter. Meski begitu, katanya, peningkatan itu tidak perlu dikhawatirkan.

“Saat ini kondisinya fluktuatif, namun statusnya masih Waspada,” katanya, Senin (16/9/2013).

Sementara itu, Manajer Pusat Kendali Operasi (Pusdalops), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ade Edward, menerangkan, Sumbar berada di lempeng Patahan Semangko, mulai dari Aceh hingga ke Teluk Semangko, Lampung.

“Patahan itu membentuk Bukit Barisan dan sepanjang patahan tersebut memiliki gunung api, seperti Seulawah Agam, Sorik Marapi, Sinabung, Marapi, Talang, Kerinci hingga Anak Krakatau,” bebernya.

Ade melanjutkan, letusan Sinabung akan memengaruhi ativitas gunung di Sumbar, terutama di sepanjang patahan yang sama. “Biasanya ada peningkatan gunung bersangkutan, namun diminta kepada warga tidak panik, tapi tetap waspada,” ungkapnya.

Saat ini ada tiga gunung api di Sumbar yang berstatus Waspada, yakni Gunung Marapi (2.891 mdpl) statusnya meningkat pada 3 Agustus 2011, Gunung Talang (2.572 mdpl) naik status pada 8 Februari 2012, dan Gunung Kerinci (3.805 mdpl) yang naik sejak 9 September 2.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2307 seconds (0.1#10.140)