Di Makassar, minat warga jadi PNS tinggi

Kamis, 12 September 2013 - 17:05 WIB
Di Makassar, minat warga...
Di Makassar, minat warga jadi PNS tinggi
A A A
Sindonews.com - Animo masyarakat terhadap rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) cukup tinggi. Terhitung sampai hari ketiga , jumlah yang teregister sudah mencapai 10 ribuan orang.

Kabag Perencanaan dan Pengembangan karir BKD Sulsel Irwan mengatakan, update data hingga pukul 9.00 Wita, jumlah pelamar sudah tercatat 10.583.

Jumlah tertinggi didominasi oleh perawat dan bidan masing-masing 4.386 pelamar untuk perawat dan 3.913 untuk bidan.

Kemudian menyusul mediator hubungan industri dengan 764 pelamar, pekerja social 655, penyuluh pertanian 388, dokter umum 195, penyuluh perindustrian dan perdagangan 162.

Untuk formasi atlet tertinggi karate dengan 30 peminat.

“Jumlah ini masih akan terus bertambah. Dominasi mana yang paling tinggi bisa kita tentukan saat penutupan pendaftaran. Karena kita tidak bisa memprediksi jumlah peminat dari masing-masing formasi,” tukas Irwan, Kamis (12/9/2013).

Jika melihat jumlah peminat, maka dapat dipastikan persaingan akan ketat. Perawat misalnya, jumlah yang akan diterima tahun ini hanya 34.

Sehingga di hari ketiga kemarin saja, jumlah keketatan sudah mencapai 1:129 atau satu kursi direbutkan 129 pelamar.

Sementara untuk bidan yang hanya menerima 14 orang, tingkat ketetatan mencapai 1:31 atau satu kursi direbutkan 31 orang.

Mediator hubungan industri yang hanya menerima 7 orang sehingga 1:109 atau satu kursi direbutkan 109 orang. Untuk pekerja sosial yang diterima 10 orang atau 1:65 atau satu kursi direbutkan 65 orang, penyuluh perindustrian 6 orang atau 1:27 atau satu kursi direbutkan 27 orang, Dokter umum yang hanya menerima 13 orang atau 1:15 atau satu kursi direbutkan 15 orang dan karate 4 orang atau 1:8 atau satu kursi direbutkan 8 orang.

Irwan menambahkan, pendaftar tidak usah mencoba melakukan registrasi online berkali-kali untuk medapatkan nomor tes ganda. Dia menegaskan, panitia verifikasi tidak akan tertipu. Sebab meski pendaftar melakukan hingga tiga atau empat kali, namun hanya satu berkas yang akan diterima oleh panitia verifikasi.

“Pendaftar tidak bisa dapat beberapa nomor tes. Celah perjokian tidak mungkin terbuka. Panitia langsung mencocokkan berkas yang masuk dengan yang teregister di website. Jika terdapat nama yang sama akan langsung terlihat,”jelasnya.

Karena itu pelamar diimbau pula jangan takut jika terjadi kesalahan saat register pertama. Mereka bisa melakukan register ulang untuk mengoreksi kesalahan pemasukan data sebelumnya.

Sementara itu, Ketua BKD Sulsel Mustari Soba mengatakan, untuk pendaftaran CPNS di lingkup Pemrov terbuka untuk semua kabupaten kota. Jadi, tidak hanya warga yang berdomisili di kota Makassar saja yang dapat melamar.

“Sepanjang memenuhi persyaratan silakan masukkan. Kami tentu tidak akan membatasi kesempatan mereka untuk berkompetisi dalam penerimaan CPNS lingkup Pemrov Sulsel,” tandasnya,
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 8.5228 seconds (0.1#10.140)