Pengumuman! Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen CPNS

Senin, 22 Juni 2020 - 07:06 WIB
loading...
Pengumuman! Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen CPNS
Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 dipastikan tidak akan dibuka. Pemerintah pusat masih fokus pada upaya penanggulangan pandemi COVID-19. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 dipastikan tidak akan dibuka. Pemerintah pusat masih fokus pada upaya penanggulangan pandemi COVID-19. Baca : Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Ditarget Digelar Agustus 2020

Menurut, Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Harun Arsyad, pertimbangan untuk tidak membuka penerimaan seleksi CPNS tahun ini salah satunya karena keterbatasan anggaran. Sebab anggaran yang ada tahun ini, baik melalui APBN maupun APBD sebagian besar difokuskan untuk penanggulangan COVID-19.

"Iya, benar itu (tidak ada seleksi CPNS tahun ini). Mungkin karena anggaran APBN maupun APBD itu dialihkan ke penanganan COVID-19 sehingga memang Pemerintah belum merencanakan untuk 2020 ini," ujar Harun kepada SINDOnews.

Untuk saat ini, lanjut dia, pemerintah pusat masih fokus pada penyelesaian tahapan seleksi CPNS yang dibuka tahun sebelumnya. Pasalnya masih ada tahapan seleksi yang belum selesai, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).

Sementara SKB hingga saat ini belum jelas jadwal pelaksanaannya. Harun mengaku, panitia seleksi nasional (panselnas) belum menentukan waktu dan skenario pelaksanaan SKB ini di masing-masing daerah nantinya.

"Kita juga masih konsentrasi SKB ini yang tahun 2019. Hingga saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut lagi kapan pelaksanaannya," tambah Dia. Meski begitu, pelaksanaan SKB akan disesuaikan jika kondisi pandemi COVID-19 dianggap sudah terkendali di semua daerah.

"SKB memang belum ada jadwal ini. Cuma kita ancang-ancang kalau sudah reda di Juni-Juli, kemungkinan (pelaksanaan SKB) Agustus. Tapi itu juga baru kemungkinan. Yang jelas SKB tetap diadakan," tambah Harun.

Kendati begitu, dia berharap tiap daerah tetap menyiapkan hal yang diperlukan dalam pelaksanaan SKB. Kanreg IV BKN Makassar pun siap mengkoordinir tiap daerah di wilayah kerjanya jika panselnas sudah menentukan jadwal. Baca Juga : ASN Pemprov Sulsel Tetap Bekerja dari Rumah hingga 3 Juli 2020

"Kalau Sulsel pasti menunggu pusat, panselnas. Kalau misalnya panselnas sudah punya rencana waktu, mungkin nanti instruksinya ke kantor regional, dan kami siap koordinir semua daerah-daerah wilayah kerja kami," tegas Harun.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Sulsel, Taufiq Akbar menambahkan, pihaknya pun masih menunggu kebijakan pusat. "Pelaksanaan SKB pada seleksi penerimaan CPNS, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih menunggu jadwal dari Panitia Seleksi Nasional," ujar Taufiq.

Sebelumnya tercatat sebanyak 487 peserta CPNS lingkup Pemprov Sulsel berhak mengikuti SKB. Ratusan peserta itu merupakan para peserta yang memenuhi passing grade dan mendapat nilai tertinggi dari formasi yang diperebutkan pada tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) sebelumnya.

Diketahui, berdasarkan jadwal sebelumnya, tahap lanjutan SKB sedianya digelar pada 25 Maret-10 April. Namun diundur dengan alasan mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)