Fasilitas negara rawan dipakai kampanye Pilkada Garut

Kamis, 29 Agustus 2013 - 16:55 WIB
Fasilitas negara rawan dipakai kampanye Pilkada Garut
Fasilitas negara rawan dipakai kampanye Pilkada Garut
A A A
Sindonews.com – Mobil dinas atau mobil milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut rawan digunakan dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut 2013.

Sekjen Garut Governance Watch (G2W) Agus Rustandi mengatakan, penggunaan mobil dinas ini sering kali ia temukan pada beberapa kampanye pasangan calon di sejumlah tempat.

“Mobil dinas atau mobil milik pemerintah biasanya diubah pelat nomornya, dari merah menjadi hitam. Setelah itu, mobil ditempeli stiker dan digunakan untuk berkampanye,” kata Agus, Kamis (29/8/2013).

Menurut Agus, pasangan calon yang menggunakan fasilitas negara dalam kampanye ini memiliki akses ke pemerintahan. Kendati demikian, Agus enggan menyebutkan siapa pasangan calon yang menggunakan fasilitas kendaraan tersebut.

“Dari beberapa kampanye di sejumlah tempat, ada penggunaan mobil dinas ini. Kami tidak bisa membeberkan siapa-siapanya, cuma memang yang kami amati seperti itu,” ujarnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Garut Saepulloh mengatakan, pihaknya telah banyak menerima laporan dari masyarakat terkait penggunaan fasilitas mobil dinas di dalam kampanye Pilkada Garut 2013.

Tidak hanya berupa penggunaan fasilitas mobil, lembaganya juga pernah menerima laporan adanya keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam upaya pemenangan calon bupati (Cabup).

“Panwaslu sudah banyak menerima laporan tersebut. Untuk PNS, rata-rata dilaporkan terlibat namun menggunakan pakaian bebas atau tidak menggunakan pakaian dinas. Kami sendiri sedang menelaah kebenaran dari laporan-laporan ini,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6577 seconds (0.1#10.140)
pixels