Ini dia sebab kerusuhan di Keraton Kasunanan Surakarta

Senin, 26 Agustus 2013 - 16:20 WIB
Ini dia sebab kerusuhan di Keraton Kasunanan Surakarta
Ini dia sebab kerusuhan di Keraton Kasunanan Surakarta
A A A
Sindonews.com - Konflik di Keraton Kasunanan Surakarta, kembali memanas. Ratusan abdi dalem yang semula akan menghadiri acara pengukuhan Tedjowulan yang dihelat Sinuhun Hangabehi, dibubarkan paksa oleh dewan adat keraton.

Sementara pihak keluarga keraton tengah, mengupayakan rekonsiliasi dengan PB XIII Hangabehi. Hingga kini, situasi di Keraton Solo, masih tegang.

Memanasnya konflik internal keraton ini, disebabkan lembaga adat tidak setuju dengan hadirnya Tedjowulan. Merasa tidak berizin, kegiatan pengukuhan Tedjowulan yang digelar Sinuhun membuat kemarahan lembaga adat yang terdiri dari adik-adik Sinuhun memuncak.

Salah satu abdi dalem yang diusir mengatakan, pihaknya sebelumnya bersama dengan abdi dalem dan sentana lainnya diundang pihak keraton untuk menghadiri halal bihalal dan pengukuhan Tedjowulan sebagai menteri.

Acara yang sebelumnya berjalan normal, mendadak kacau setelah Gusti Mung, bersama kerabatnya memasuki ruangan untuk membubarkan acara. Dirinya sangat kecewa dengan insiden pengusiran ini.

Usai pembubaran paksa oleh lembaga adat, ratusan abdi dalem masih banyak yang kebingungan. Mereka hanya bisa menunggu di luar keraton untuk menunggu perintah selanjutnya.

Sementara menurut karabat Keraton Wirabhumi, saat ini masih dilakukan upaya komunikasi dengan PB XIII Hangabehi yang dilakukan oleh adik-adik raja.

Sementara keraton kini masih dijaga ketat aparat keamanan yang berpakaian preman untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0370 seconds (0.1#10.140)